Ini Alasan Dr. Suhirman Maju Pildek FKIP Unib

Ini Alasan Dr. Suhirman Maju Pildek FKIP Unib

RBO  >>>  BENGKULU >>> Dari kelima bakal calon (balon) yang mendaftar Pemilihan Dekan (Pildek) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Bengkulu (Unib) periode 2020-2024, salah satu balonnya muncul dari IAIN Bengkulu. Yaitu, Dr. Suhirman, M.Pd, yang kini masih aktif menjabat sebagai Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD) periode 2017-2021.

"Alasan saya mendaftarkan diri diajang kontestan Pildek FKIP ini, pertama, ingin belajar. Sebab, untuk saat ini kepemimpinan itu bersifat bebas. Artinya, masih ingin belajar lebih banyak lagi. Apalagi, dari tahapan Pildek itu, juga banyak pembelajaran yang bisa diambil. Contohnya, besok (Kamis-red) semua berkas calon sudah masuk ke Senat. Senat akan memverifikasi dari berkas tersebut. Bagi yang tidak memenuhi syarat, maka akan gugur. Tanggal 12 Juni 2020, tepatnya dihari Jumat, bagi calon yang memenuhi syarat, lanjut seleksi berikutnya. Yaitu, memaparkan visi dan misi. Nah, disana nanti, anggota Senat akan melihat sejauhmana persiapan dari kelima balon tersebut," ujar Dr. Suhirman pada radarbengkuluonline.com saat dihubungi tadi siang .

Maka dari itu, alasan utama Dr. Suhirman mendaftar Pildek FKIP untuk pembelajaran. Dari segi dialog, memaparkan visi misi dan lain-lain. Ditahap itu, pasti banyak proses pembelajaran yang terjadi. Apalagi, dari 21 anggota senat FKIP sebagian besar didominasi oleh guru besar, dan dosen senior semua. Jadi, banyak mendapatkan pengalaman disana nantinya. "Memang, ada kesempatan untuk mendaftar. Jadi, saya mendaftar. Sebab, dari jenjang akademik S1 sampai S3 menamatkannya di FKIP Unib. Disisi lain, bisa dikatakan untuk pembelajaran dan pengalaman itu saja," terangnya.

Sedangkan saat ditanya, apakah yakin bisa memenangkan Pildek FKIP dengan 4 pesaing lainnya, Dr. Suhirman hanya pasrah dengan ketentuan Allah SWT. " Dari 21 anggota Senat juga banyak yang tidak saya kenal. Tapi, sebagian ada yang dikenal. Sebab, dari tahun 2010 sudah mengajar di Pascasarjana Teknologi Pendidikan (TP). Kalau untuk persiapan lainnya tidak ada," tuturnya.

Untuk visi dan misi yang dia sampaikan ke Senat nanti, visi misi yang berkaitan dengan lembaga. Sesuai visi misi FKIP, ingin menjadi kelas dunia, maka harus merujuk kesana. Apalagi berkaitan dengan lembaga pendidikan. Bagaimana mempersiapkan alumni yang mampu bersaing ditingkat dunia tahun 2025. Maka dari itu, dibagi menjadi 5 kegiatan. Pertama, pendidikan dan pengajaran. Kedua, penelitian. Ketiga, pengabdian. Keempat, kerjasama. Dan kelima, manager (tata kelola). "Saya sudah meminta izin dengan Rektor IAIN, Prof. Dr. H Sirajuddin, M.AG,.MH untuk Pildek FKIP ini. Di formulir pendaftaran juga tertera tanda tangan Rektor terkait pencalonan tersebut. Mohon doanya saja yang terbaik," harapnya.

Sementara itu, untuk proses tahap Pildek FKIP kemarin, tidak ada agenda khusus. Sebab, masih menunggu rapat Senat di hari Kamis (11/6) atau tepatnya hari ini. " Hari ini (Kamis-red), untuk penetapan balon dekan menjadi calon, yang ikut proses selanjutnya. Bagi balon bisa memanfaatkan waktu untuk mengkonsolidasi pemilihannya," ujar Sekretaris Panitia FKIP, Drs. Syafrizal, M.A. (ach)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: