Perdana Beroperasi, Self Service Samsat Bengkulu Permudah Membayar Pajak

Perdana Beroperasi, Self Service Samsat Bengkulu Permudah Membayar Pajak

Pemprov Optimis Tingkatkan  Pendapatan Ditengah Pandemi

RBO <<< BENGKULU >>>  Self Service Samsat Provinsi Bengkulu resmi beroperasi di Bencoolen Mall Kota Bengkulu. Masyarakat lebih mudah untuk membayar pajak secara online di tengah kondisi covid -19 saat ini. Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah dalam peresmian mengatakan, di tengah pandemi saat ini tentunya masyarakat lebih aman karena tidak berkerumunan untuk membayar pajak bermotor.

"Taglinenya BAYAR PAJAK PACAK SORANG itu terobosan terbaru yang memang pertama di Indonesia. Harapan kita dengan adanya pelayanan cangih ini, kesadaran masyarakat membayar pajak lebih meningkat. Selain itu, kita akan berkoordinasi dengan Bank Bengkulu dalam pembayarannya tidak lagi tunai, maka langsung bisa lewat rekening secara online. Untuk bangunannya juga harus lebih menarik dan memberikan ciri khas," ujarnya.

Kapolda Bengkulu, Irjen Pol Drs Teguh Sarwono, M.Si menambahkan, dengan adanya inovasi baru tersebut, ini bisa lelbih meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Terutama dalam menerapkan regulasi pembayaran pajak sesuai dengan standar yang ada. Selain itu, Self Samsat Service ini merupakan terobosan yang kreatif. Maka, ini dapat melayani masyarakat dengan mudah, cepat, berkualitas dan terjangkau.

"Ini merupakan standarisasi dalam pelayanan publik. Tentunya juga adanya pelayanan ini merupakan sinergitas Kepolisian dibidang Dirlantas bersama Pemerintah Daerah. Kita berharap juga, masyarakat tidak perlu panik lagi untuk membayar pajak," katanya.

Ditambahkan oleh Dirlantas Polda Bengkulu, AKBP Budi Mulyanto, S.Ik yang saat itu didampingi Kepala UPTD PPD Samsat Kota Bengkulu, Badan Pengelolaan Keuangan Provinsi Bengkulu, Eny Maryati, SE, M.Ak, program ini nantinya akan menemukan sistem bersama orang atau pihak pembayar, karena dapat mengurangi dari upaya tindakan kriminalitas. Selain itu, tentu dengan adanya ini juga meningkatkan pendapatan daerah. "Tentunya dapat menghindari pemalsuan data. Karena, ini update setiap harinya. Juga mendorong pembangunan daerah. Bagi Jasa Raharja dapat meningkatkan pembayaran santunan kecelakaan. Walaupun kita tidak menginginkan adanya peningkatan kecelakaan, namun kita lebih mendorong kesejahteraan masyarakat. Ini juga merupakan pertama di Indonesia," ujarnya.

Eny melanjutkan, wajib pajak bermotor akan membayar cukup datang ke Bencoolen Mall. Kemudian akan muncul petunjuk yang sudah ada dalam berbasis komputer. Setelah itu, entry sesuai nomor kendaraan. Jangan lupa mengisi NIK.

"Setelah itu, keluar data kendaraan. Nanti ada nominal berapa besaran yang akan dibayar. Setelah itu akan dicetak. Kemudian ada pengesahan dari Dirlantas. Sangat mudah sekali. Walaupun gaptek, nanti akan ada petugasnya juga," sampai Eny.

Sementara Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Bengkulu, Hardi Purwanto juga mengapresiasi adanya layanan SAMSAT Self Service Provinsi Bengkulu ini. Menurutnya, layanan ini akan sangat memudahkan masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotor. Ia pun berharap sosialisasi kepada masyarakat terus dilakukan.

"Tentu ini mendorong kesadaran masyarakat terhadap pembayaran pajak. Pelayanan publik ini harus disosialisasikan secara bertahap agar masyarakat lebih paham," katanya.

Kepala BPKD Provinsi Bengkulu, Dra Hj Noni Yulesti MM mengatakan, di tengah covid saat ini Pemda Provinsi Bengkulu akan optimis dapat meningkatkan pendapatan daerah lebih baik lagi.

"Terutama dalam target ditahun ini kita harus lebih optimis lagi, walaupun dalam menghadapi wabah covid saat ini," sampainya.

Setelah beroperasi, layanan ini buka setiap hari kerja mulai pukul 08.00 WIB hingga 15.30 WIB. Masyarakat cukup membawa KTP asli sesuai STNK. Rencananya akan kembali dibangun ditempat berbeda. Seperti di tempat wisata dan tempat pusat perbelanjaan lainnya. (Bro/prw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: