3 Tambahan Positif, 49 Pasien Sembuh

3 Tambahan Positif, 49 Pasien Sembuh

Pelajari Proses Korban Tertular

RBO, BENGKULU - Dari tanggal 2 sampai 11 Mei 2020, kasus konfirmasi Covid-19 di Provinsi Bengkulu nihil. Berdasakan rilis dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi per tanggal 12 Mei 2020, terdapat penambahan baru 3 kasus positif dari 49 sampel yang keluar, kini kasus positif sudah mencapai 95 orang. Untuk kabar baiknya, 1 pasien positif dinyatakan sembuh.

"Tambahan kasus konfirmasi positif hari ini (Jumat-red), Kasus 93, jenis kelamin laki-laki, umur 45 tahun, alamat Kota Bengkulu, keluhan demam, sakit kepala dan nyeri otot, saat ini sedang melakukan isolasi mandiri. Kasus 94, jenis kelamin perempuan, umur 41 tahun, alamat Kota Bengkulu, keluhan pilek, sakit kepala. Lemah, muntah, saat ini dirawat di RSUD. M.Yunus Bengkulu. Kasus 95, jenis kelamin laki-laki, umur 57 tahun, alamat Kota Bengkulu, keluhan demam, pilek, sakit tenggorokan, mual dan lemah. Saat ini dilakukan isolasi mandiri. Untuk tambahan kasus positif dinyatakan sembuh ada 1 orang dari kasus 11. Hingga kini, pasien semuh sebanyak 49 orang. Alhamdulillah," ujar Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Jaduliwan, SE, M.M pada konfrensi persnya kemarin.

Selain itu, juga ada penambahan pemeriksaan rapid test reaktif sebanyak 2 orang dengan rincian, pertama, berinisial J.S, jenis kelamin laki-laki, umur 43 tahun, alamat Kabupaten Seluma. Keluhan nyeri perut kanan bawah dan demam, baru akan dilaksanakan pengambilan swab. Saat ini sedang melakukan isolasi mandiri. Kedua, berinisial Ruk, jenis kelamin perempuan, umur 48 tahun, alamat Kabupaten Bengkulu Selatan, keluhan batuk, demam dan sesak napas. Akan dilaksanakan pengambilan swab. Saat ini dirawat di RSUD Manna Bengkulu Selatan.

"Jika dilihat dari perkembangan kasus ODP sebanyak 837 orang, ODP selesai pemantauan 732, ODP masih dalam pemantauan105, tambahan ODP hari ini 1 orang dari Kabupaten Rejang Lebong. Total PDP masih 66 orang, PDP yang dinyatakan sehat 12, PDP menjadi konfirmasi 7, PDP proses pengawasan/dirawat 27, PDP meninggal 20. Jumlah tambahan PDP yang dilaporkan hari ini nihi. Selain itu, untuk jumlah sampel yang diperiksa di laboratorium se-Provinsi Bengkulu sebanyak 1.441, sampel positif 95, sampel yang proses pemeriksaan 100, sampel yang keluar hasil hari ini 49 dengan rincian 3 orang konfirmasi positif baru, 1 orang positif swab evaluasi dan 45 orang negatif. Jumlah rapid test yang sudah dilakukan 10.893, rapid test yang unreaktif 10.720, rapid test yang reaktif 173 orang," terangnya.

Dijelaskan lebih lanjut Kepala Dinkes Provinsi, Herwan Antoni terkait kasus positif di Kabupaten/Kota, semuanya hampir sembuh tinggal menunggu beberapa kasus dalam tahap pengobatan untuk evaluasi swab 1 dan 2. Walaupun hari ini (kemarin-red) ada penambahan kasus yang sembuh dari kasus 11, di Bengkulu Selatan yang merupakan cluster kesehatan.

"Dari 3 penambahan kasus positif, kasus 93 ini masuk ke cluster umum, riwayat kontak masih akan dilakukan tracing kasus, ada kaitan baru pulang dari Surabaya pada bulan Maret 2020 lalu, kasus 94 status PDP yang dirawat di RSUD M.Yunus cluster umum. Kasus 95, dari cluster petugas kesehatan, riwayat kontak dengan kasus 61," tutupnya. (ach)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: