Sari Bulan Batal Buka Jalan Baru

Sari Bulan Batal Buka Jalan Baru

RBO, MUKOMUKO - Pemerintah Desa Sari Bulan, Kecamatan Air Dikit, Kabupaten Mukomuko batal melaksanakan kegiatan pembuatan badan jalan baru dan pengoralan. Batalnya kegiatan tersebut lantaran dananya dialihkan untuk pembiayaan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD).

Diungkapkan Kades Sari Bulan, Hermansyah, ketika dikonfirmasi mengatakan, pihaknya mengalokasikan dana sekitar Rp 200 juta untuk penanganan pandemi Covid-19. Dana tersebut untuk membiayai program BLT DD bagi 81 keluarga penerima, pembelian disinfektan serta kegiatan penanganan Covid-19 lainnya.

"Dana sekitar Rp 200 juta kita anggarkan untuk penanganan Covid-19, baik untuk program BLT maupun kegiatan lain. Dana sebanyak itu hasil pengalihan dari kegiatan fisik. Yaitu pembangunan badan jalan baru dan pengoralan. Karena dananya sudah digeser, otomatis kegiatan pembuatan badan jalan baru dan pengoralan batal dilaksanakan tahun ini," terang Kades.

Ia mengatakan, untuk penyaluran BLT DD tahap pertama sudah terlaksana pada Mei lalu. Sementara penyaluran tahap kedua ditargetkan pada bulan Juni ini.

"Kita maunya cepat. Tapi saat ini kita juga masih proses pencairan DD/ADD tahap dua," ujarnya.

Selain itu, Hermansyah mengatakan, untuk pekerjaan fisik tahap pertama, yakni rehabilitasi gedung PAUD dan pembangunan rabat beton jalan usaha tani (JUT) sepanjang 300 meter sudah selesai seratus persen. Bahkan sudah dilakukan serahterima dari TPK ke Pemerintah Desa setempat.

"Pekerjaan fisik kita tahap pertama, rehab gedung PAUD dan rabat beton sudah selesai seratus persen. Sudah diserahterimakan juga," demikian Kades. (sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: