Soal BLT DD, Pemdes Sido Mulyo Siap Realisasikan Amanat Kemenkeu

Soal BLT DD, Pemdes Sido Mulyo Siap Realisasikan Amanat Kemenkeu

RBO, MUKOMUKO - Pemerintah Desa Sido Mulyo, Kecamatan Penarik, Kabupaten Mukomuko, memastikan sudah menyediakan anggaran untuk merealisasikan lanjutan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Danan Desa (DD) untuk bulan ke 4,5, dan 6. Sesuai amanat Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 50/PMK.07/2020 tentang Perubahan Kedua Atas PMK Nomor 205/PMK.07/2019 tentang Pengelolaan Dana Desa.

Dimana dalam PMK tersebut, BLT DD menjadi enam bulan yang sebelumnya hanya tiga bulan saja. Hanya saja, pada bulan ke 4 sampai 6, nominal BLT hanya Rp 300. 000 per penerima manfaat. Atau sepanjang program BLT DD bergulir masing-masing penerima manfaat mendapat Rp 2.700.000 selama enam bulan. Dengan rincian, tiga bulan pertama mendapat Rp 600.000 per bulan, dan tiga bulan terakhir mendapat Rp 300.000 per bulan.

"Waktu mendapat info bakal ada penambahan atau kelanjutan BLT selama tiga bulan lagi, dananya suda kita saving. Jadi In sya Allah tidak ada kendala lagi," ujar Pj, Kades Sido Mulyo, Ardiansyah, S.IP. dalam keteranganya kepada radarbengkuluonline.com, kemarin.

Dijelaskan Ardiansyah, di desanya, terdapat 55 keluarga penerima manfaat BLT DD. Penetapan daftar penerima itu sudah melalui seleksi dan musyawarah desa. Dikatakannya, sejauh ini, program BLT DD tidak ada permasalahan.

"Untuk bulan pertama sudah kita salurkan. Alhamdulillah tidak ada masalah," tutur Pj Kades.

Diungkapkan Ardiansyah, Desa Sido Mulyo terdapat 289 Kepala Keluarga (KK), lebih dari setengahnya, layak mendapat bantuan sosial (Bansos). Apalagi di tengah Pandemi Covid-19. Akan tetapi, 140 KK terdaftar sebagai penerima PKH, BPNT, dan BST.

"Karena BLT DD ini tidak boleh tumpang tindih dengan Bansos pemerintah lain seperti PKH, BPNT, dan BST, kita lakukan seleksi. Kemudian kita jelaskan juga kepada warga, dan warganya juga dapat memahami. Akhirnya diputuskan penerima BLT DD 55 KK. Dan pada pelaksanaanya tidak ada kendala," beber Pj Kades.

Ditambahkannya, Pemdes Sido Mulyo saat ini juga sudah siap menyalurkan BLT DD untuk bulan kedua. "In sya Allah penyaluran bulan kedua sesuai jadwal. Yakni Minggu ke-tiga bulan Juni. Sudah kita persiapkan, In sya Allah, tiba jadwalnya nanti, langsung kita salurkan," demikian Ardiansyah. (sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: