Desa Sido Mukti Bangun Kentongan Raksasa

Desa Sido Mukti Bangun Kentongan Raksasa

RBO, ARGA MAKMUR - Desa Sido Mukti, Kecamatan Padang Jaya Bengkulu Utara (BU) membangun Kentongan Besar (raksasa) yang diberi nama Kyai Kardoyo. Data yang berhasil dihimpun, Pembangunan Kentongan Besar ini bertujuan untuk mengingat sejarah alat komunikasi pada zaman dahulu. Yang mana pada zaman dahulu sebelum adanya alat komunikasi modern seperti saat ini, kentongan merupakan satu satunya alat komunikasi yang digunakan untuk mengumpulkan orang banyak yang memberi tahu jika ada pengumunan dan sebagainya.

Pembangunan tersebut merupakan salah satu pembangunan yang bersumber Dari Dana Desa (DD) tahun berjalan yang mulai pengerjaan nya dari bulan Mei hingga bulan Juni ini sudah 99% pengerjaan. Kentongan tersebut beda dengan kentongan pada umumnya yang berasal dari bambu dan kayu yang berukuran kecil, kentongan yang dibangun oleh Pemdes Sido Mukti, kentongannya berasal dari batang Cempedak yang di ukir oleh Seniman yakni Muhaji yang merupakan warga Desa setempat RT 2 Dusun III Desa Sido Mukti, Kecamatan Padang Jaya BU.

Kades Sido Mukti Suyanto, S. Ip mengatakan pembangunan kentongan raksasa ini di bangun bertujuan untuk mengingat kembali sejarah masa lalu yang mana digunakan sebagai alat komunikasi.

"Tujuannya adalah mengingat kembali sejarah masa lalu yang mana kentongan sebagai alat komunikasi, selain itu juga untuk wisata dan sebagainya,"singkat Kades Suyanto. (bri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: