Lima Parpol Belum Tetapkan Cagubnya?

Lima Parpol Belum Tetapkan Cagubnya?

RBO, BENGKULU – Hingga saat ini dari lima Partai Politik (Parpol) pemilik kursi di DPRD Provinsi masih belum menetapkan siapa Bakal Calon Gubernur (Cagub) yang akan diusung dalam Pilkada tanggal 9 Desember tahun ini. Kelima Parpol tersebut adalah PDIP, Gerindra, Demokrat dan PKB serta Perindo.

Lima parpol penentu jumlah pasangan yang akan maju dalam Pilgub itu masih menggodok nama-nama bakal calon (balon) gubernur maupun wakil gubernur (wagub) yang akan diusungnya nanti. Seperti PDI Perjuangan yang memiliki 7 kursi di DPRD Provinsi itu, masih akan melakukan survei terakhir kepada balon gubernur maupun balon wagub yang sebelumnya telah mendaftarkan diri saat penjaringan di DPD PDI Perjuangan Provinsi Bengkulu.

"Meskipun sudah ada 45 daerah yang diumumkan Cakadanya oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP), tapi untuk kita yang di Bengkulu masih belum ditetapkan oleh PDI Perjuangan. Saat ini, kita masih melakukan survei kembali kepada balon kandidat yang akan kita usung sebelum pendaftaran pada awal bulan September nanti," ungkap Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bengkulu, Hj. Elva Hartati Murman S.Ip, MM, kemarin (18/7).

Menurut Elva, dari semua nama balon gubernur dan wagub yang telah mendaftar sebelumnya akan disurvei. Mulai nama balon gubernur, yaitu Rohidin Mersyah, Ahmad Hijazi, Dadang Mishal, Rosjonsyah, Agusrin M Najamudin, Imron Rosyadi dan Bundra Jaya. Sementara untuk balon wagub, ada dua nama, yaitu Mirza dan Sudirman. "Semua disurvei kembali. Termasuk untuk Cakada tingkat II di kabupaten. Hasil survei itu nantinya akan disimpulkan oleh DPP PDI Perjuangan siapa yang akan di usung dalam Pilkada serentak tanggal 9 Desember mendatang. Diperkirakan pada bulan Agustus mendatang, semua rekomendasi, baik untuk pasangan gubernur dan bupati sudah dikeluarkan," kata Elva.

Sama halnya dengan Partai Gerindra, sampai saat ini rekomendasi untuk Pilgub Bengkulu juga belum dikeluarkan. Ketua Bakom DPD Partai Gerindra Provinsi Bengkulu, Randy Marta SE menegaskan, pengurus di daerah hanya bisa menunggu keputusan dari pengurus pusat. "Belum keluar sampai sekarang. Kita juga masih menunggu rekomendasi itu dikeluarkan," kata Randy.

Partai Gerindra yang memiliki 6 kursi di DPRD Provinsi Bengkulu, menurut Randy tugas pengurus provinsi hanya mengirimkan nama-nama balon kepala daerah ke pengurus pusat. Semua keputusan ada di pengurus pusat Partai Gerindra. "Tidak hanya rekomendasi untuk balon gubernur, untuk balon bupati juga belum dikeluarkan sampai sekarang," ujarnya.

Senada juga disampaikan oleh Sekretaris DPD Partai Demokrat Provinsi Bengkulu, Ir Chairil Guswendy. Dia pun menegaskan bahwa lima kursi DPRD Provinsi Bengkulu milik partai Demokrat masih belum memutuskan siapa Bakal Cagub yang akan diusung. “Sampai saat ini, masih belum ada surat rekomendasi resmi dari DPP siapa Cagub dan Cawagub yang akan kita usung. Kalau saat ini ada kandidat yang mengklaim sudah mendapatkan mandat dari DPP, silakan saja. Tapi yang jelas kami akan mengumumkan siapa yang kami usung jika surat keputusan rekomendasi resmi sudah disampaikan oleh DPP. Dan perkiraan kami, sebelum perayaan HUT Kemerdekaan kita tanggal 17 Agustus nanti, siapa Cagub yang kita usung sudah akan disampaikan oleh DPP. Sedangkan untuk Cabup kita sudah ada beberapa daerah yang keluar surat rekomendasinya,” kata Chairil.

Sementara itu, untuk PKB yang memiliki empat kursi di DPRD Provinsi Bengkulu juga belum menentukan sikap. Ketua DPW PKB Provinsi Bengkulu, Herliardo S.Ag mengatakan, sampai saat ini memang belum ada keputusan dari DPP untuk dukungan politik menuju Pilgub Bengkulu. “Seluruh kandidat yang sudah mendaftar masih mempunyai peluang untuk diusung oleh empat kursi DPRD Provinsi milik PKB,” singkat Herliardo.

Begitu juga disampaikan oleh Ketua DPW Partai Perindo, H. Yurman Hamedi S.Ip, pihaknya saat ini masih menunggu keputusan dari DPP. “Kita tunggu saja DPP memutuskan siapa Cagub yang akan kami usung dan kita menangkan nanti,” kata Yurman.

Untuk diketahui PDIP merupakan pemilik tujuh kursi DPRD, Gerindra enam kursi, Demokrat lima kursi dan PKB empat kursi serta Perindo dengan dua kursi. Artinya masih ada sebanyak 24 kursi dari lima Parpol tersebut yang masih bisa didapatkan oleh kandidat Bakal Cagub dan Cawagub Bengkulu saat ini. Termasuk satu kursi milik PPP. Sedangkan untuk Partai Golkar, PKS, PAN, Hanura dan NasDem nampaknya sudah mengeluarkan rekomendasi Cagubnya. (idn)

Belum ada Cagub-Cawagubnya:

PDIP+Gerindra+ Demokrat+PKB+Perindo = 24 Kursi DPRD

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Bakal Cagub Dr H. Rohidin Mersyah

Parpol Pengusung : 1. Golkar = 7 Kursi DPRD, 2. PKS = 3 Kursi DPRD, Total = 10 Kursi

Bakal Cagub H. Helmi Hasan SE

Parpol Pengusung : 1. PAN = 2 Kursi, 2. Hanura = 3 Kursi, 3. NasDem = 5 Kursi DPRD, Total = 10 Kursi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: