Bila Positif Covid-19 Terus Meningkat, DPD Minta Pilkada Distop

Bila Positif Covid-19 Terus Meningkat, DPD Minta Pilkada Distop

RBO, BENGKULU – Saat ini tahapan Pilkada serentak sudah berjalan kembali sejak 15 Juni lalu. Namun menurut senator Bengkulu anggota DPD RI H. Ahmad Kanedi SH, MH jika penyebaran wabah pandemic Covid-19 terus meningkat maka dia bersama lembaga DPD RI meminta agar tahapan Pilkada distop.

“Pilkada ini berdasarkan Perppu nomor 02 tahun 2020 kembali melanjutkan tahapan yang tertunda sebelumnya. Tapi dalam Perppu tersebut juga ada opsi lainnya, dimana jika penularan Covid-19 ini terus meningkat tajam, maka Pilkada akan ditunda hingga tahun 2021. Dan jika memang demikian, kami dari lembaga DPD RI juga akan meminta pemerintah untuk menghentikan tahap Pilkada ditengah wabah pandemic Covid-19,” ungkap senator Bengkulu tersebut, Kamis (23/7).

Dari perkembangan virus Corona saat ini, senator yang akrab disapa Bang Ken ini mengajak semua pihak untuk melihat secara jernih. Bagaimana kondisi perkembangan Covid-19 secara nasional maupun grafik peningkatan pasien di daerah. “Kalau kita lihat data dari gugus tugas Covid-19, belum ada trend penurunan yang signifikan dari peningkatan Covid-19. Justru yang kita lihat semakin meningkat dan bertambah pasiennya setiap harinya. Bahkan secara nasional Indonesia sudah melampaui jumlah pasien Covid-19 dari Tiongkok dan ini tentu perlu jadi pertimbangan dalam kita terus melaksanakan tahap Pilkada,” terang Bang Ken.

Adapun yang paling utama saat ini daripada pelaksanaan Pilkada adalah keselamatan rakyat. “Jangan sampai rakyat jadi korban. Kita ingin Pilkada terlaksana, tapi keselamatan rakyat lebih penting. Dan saat ini, banyak cluster baru dari penyebaran Covid-19 seperti cluster pasar dan lain sebagainya. Bahkan dari informasi pusat ada salah satu staf KPU RI yang juga terpapar Covid-19 dan saat ini sudah dilakukan penanganan serta karantina oleh pihak terkait. Saya akan terus memantau dan melaporkan setiap perkembangan kita yang di daerah. Jika memang situasinya aman kemudian memungkinkan terselenggaranya Pilkada, imbauan saya tetap kedepankan protocol kesehatan Covid-19 dengan selalu menggunakan masker, jaga jarak, rajin cuci tangan dan hindari bersentuhan langsung secara fisik dengan yang lainnya,” pungkas Bang Ken. (idn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: