Desa Tebing Kandang Gelar Musdes RKPDes untuk Pembangunan 2021

Desa Tebing Kandang Gelar Musdes RKPDes untuk Pembangunan 2021

RBO, ARGA MAKMUR - Pemerintahan Desa Tebing Kandang, Kecamatan Air Napal menggelar Musyawarah Desa Rencana Kerja Pemerintah Desa (Musdes RKPDes) untuk tahun 2021 di Kantor Desa Tebing Kandang, Rabu (22/7/2020).

Dalam kegiatan Musdes RKP Desa yang dipimpin oleh Ketua BPD Tebing Kandang, Murhadi mengatakan pokok-pokok pikiran BPD dengan menyampaikan bahwa Musdes ini di lakukan sebagai instrumen penilaian kinerja perangkat desa, dalam mengukur efektivitas pelaksanaan tugasnya. “Musyawarah RKP Desa ini sebagai perencanaan tahunan untuk mencapai tujuan akhir yang ditetapkan di dalam RPJM Desa, Kegiatan ini mengacu pada peraturan Menteri Desa No.17 tahun 2019 tentang pedoman umum pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa," kata Murhadi.

Sekcam Air Napal, Ramdani Halian, SH menyampaikan bahwa RKPDes ini disusun dengan maksud sebagai kerangka acuan bagi Kepala Desa dan perangkat desa dalam menyusun program dan kegiatan tahunan yang sinergis sesuai tugas pokok fungsinya untuk mewujudkan tercapainya visi misi yang telah ditetapkan dalam RPJM Desa. “Sebagai instrumen akuntabilitas dan transparansi manajemen pamerintah desa kepada masyarakat maupun elemen pemerhati untuk memantau kinerja pemerintah desa," kata Sekcam.

Kades Tebing Kandang, Leki Ilianto mengatakan Musdes RKP Desa ini adalah untuk mencapai tujuan yang ingin di capai dalam perencanaan tahunan desa dalam upaya mewujudkan rencana pembangunan jangka menengah desa selama enam tahunan. "Setiap tahun penyusunan RKP desa ini di tetapkan untuk kegiatan dalam setahun yang ada dalam RPJM Desa, selain itu juga agar tercapainya pemanfaatan potensi desa secara maksimal, efisien dan efektif dalam pembangunan desa menuju desa yang maju mandiri dan sejahtera," singkat Leki.

Sekdes Tebing Kandang, Reza memaparkan kegiatan fisik dan non fisik yang telah teralisasi tahun 2020 maupun kegiatan tahun berjalan.

Usai pemaparan pokok-pokok pikiran BPD dan pemaparan realisasi kegiatan tahun berjalan oleh Sekdes Tebing Kandang serta aspirasi masyarakat yang akan di muat dalam RKP Desa di lanjutkan dengan pembentukan tim penyusun RKPDesa tahun 2021.

Kegiatan yang dihadiri Kasi PMD Bobby Ertanto dan pendamping desa, perangkat desa, lembaga desa dan tokoh masyarakat desa Tebing Kandang berjalan aktif dan lancar. (bri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: