Desa Pasar Tebat Jaring Asmara untuk RKPD Tahun 2021

Desa Pasar Tebat Jaring Asmara untuk RKPD Tahun 2021

RBO, ARGA MAKMUR - Pemerintahan Desa Pasar Tebat, Kecamatan Air Napal menggelar Musyawarah Desa Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP desa) untuk tahun 2021 yang di langsungkan di gedung serba guna Desa Pasar Tebat, Rabu (29/7/2020).

Kegiatan Musdes RKPd ini dipimpin oleh Ketua BPD Desa Pasar Tebat dalam sambutan dan arahannya yang memuat pokok-pokok pikiran BPD. "Musdes ini di lakukan sebagai instrumen penilaian kinerja perangkat desa, dalam mengukur efektivitas pelaksanaan tugasnya, musyawarah ini juga sebagai perencanaan tahunan untuk mencapai tujuan akhir yang ditetapkan di dalam RPJM Desa, kegiatan ini mengacu pada peraturan menteri desa No.17 tahun 2019 tentang pedoman umum pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa,” kata Ketua BPD Desa Pasar Tebat.

Sekcam Air Napal, Ramdani Halian, SH menyampaikan bahwa RKPdes ini disusun dengan maksud sebagai kerangka acuan bagi Kepala Desa dan perangkat desa dalam menyusun program dan kegiatan tahunan yang sinergis sesuai tugas pokok fungsinya untuk mewujudkan tercapainya visi misi yang telah ditetapkan dalam RPJM Desa. “Selain sebagai instrumen akuntabilitas dan transparansi manajemen pamerintah desa kepada masyarakat, maupun elemen pemerhati pemerintahan yang berkepentingan untuk memantau kinerja pemerintah desa," jelas Ramdani.

Kades Pasar Tebat Tamron mengatakan, dalam Musdes RKPdesa ini adalah untuk mencapai tujuan dalam perencanaan tahunan desa dalam upaya mewujudkan rencana pembangunan jangka menengah desa selama enam tahunan. “Setiap tahun penyusunan RKP desa ini di tetapkan untuk kegiatan dalam setahun yang ada dalam RPJM, Desa,” terang Tamron.

Selain itu, juga agar tercapainya pemanfaatan potensi desa secara maksimal, efisien dan efektif dalam pembangunan desa menuju desa yang maju mandiri dan sejahtera. Berangkat dari maksud dan tujuan tersebut, kedudukan Rencana Kerja Pemerintah Desa yaitu sebagai dokumen perencanaan yang memuat pokok-pokok kebijakan pembangunan desa dan menuntun kearah tujuan pencapaian visi dan misi desa.

Kades Pasar Tebat juga memaparkan kegiatan fisik dan non fisik yang telah teralisasi tahun 2020 maupun kegiatan tahun berjalan.

Usai pemaparan pokok-pokok pikiran BPD dan pemaparan realisasi kegiatan tahun berjalan oleh Kades Pasar Tebat serta aspirasi masyarakat yang akan di muat dalam RKP Desa di lanjutkan dengan pembentukan tim penyusun RKPDesa tahun 2021.

Dalam hal ini juga Sekdes Pasar Tebat, Edo memaparkan kegiatan fisik dan non fisik yang telah terealisasi di tahun 2020 maupun kegiatan yang belum terealisasi akibat pandemi Covid 19 dan kegiatan tahun berjalan. Adapun beberapa usulan yang di prioritaskan yaitu: Jalan Rabat Beton Dusun I, Jembatan Sungai Merah Dusun III, Pembangunan Pagar Gedung PAUD Dusun II.

Kegiatan yang di hadiri juga oleh Kasi PMD Air Napal Bobby Ertanto dan Pendamping Desa, Anggota BPD, perangkat desa, lembaga desa dan tokoh masyarakat desa Pasar Tebat. (bri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: