Selagan Raya Siap Jadi Kampung Nangka

Selagan Raya Siap Jadi Kampung Nangka

12 Desa Kecamatan Selagan Raya Serentak Tanam 10.000 Pohon Nangka

RBO, MUKOMUKO - Wilayah Kecamatan Selagan Raya, Kabupaten Mukomuko, akan menjadi kampung nangka. Dalam bulan ini penanaman 10.000 pohon nangka pertama mulai dilakukan di wilayah Desa Talang Buai.

Rencananya penanaman secara simbolis akan dilakukan langsung oleh orang nomor satu di Kabupaten Mukomuko, dan dilanjutkan penanaman di desa lain yang ada di wilayah Kecamatan Selagan Raya, Kabupaten Mukomuko.

Selain dari bibit hasil penyemaian secara mandiri, Kecamatan Selagan Raya Juga mendapat bantuan bibit nangka dari PT. Sipef sebanyak 700 batang siap tanam. "Alhamdulillah ada sumbangan bibit sekitar 700 batang dari PT Sipef. Bibit tersebut siap tanam. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini 700 batang bibit itu sampai di Talang Buai dan langsung ditanam di sepanjang Jalan Sungai Jerinjing menuju Desa Talang Buai hingga ke Air Terjun," kata Camat Selagan Raya, Khairul Shaleh, S.Km, MM, didampingi Pjs Kades Talang Buai, Lukman kepada jurnalis radarbengkuluonline.com, Jumat (14/8)

Dijelaskan Camat, untuk titik penanaman pertama dan penyemaian dilakukan di Desa Talang Buai, Kecamatan Selagan Raya ini terdiri 12 desa. Jadi, setiap desa harus melakukan penyemaian, setidaknya satu desa menyemai 700 bibit nangka. "Desa Talang Buai menjadi desa percontohan untuk desa lainnya. Yang jelas setiap desa di Kecamatan Selagan Raya harus kompak tanam 10.000 bibit nangka. Sehingga kedepan Kecamatan Selagan Raya terkenal sebagai kampung nangka," kata Camat.

Namun ada yang menjadi kendala saat ini, lanjut Khairul, yaitu masalah bibit. Pihaknya juga berharap jika ada perusahaan atau pun dari instansi pemerintahan yang mau menyumbang bibit sangat diharapkan. Pihaknya optimis penanaman 10.000 bibit nangka ini tetap bisa terlaksana sesuai dengan yang diharapkan. "Hari ini (kemarin red) perangkat Desa, BPD dan PKK Desa Talang Buai antusias menyemai biji nangka sebanyak sekitar 800 biji. In sya Allah dua bulan kedepan bibit tersebut siap tanam," demikian Khairul.(ide)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: