Dinas Pariwisata Genjot Eksplorasi Objek Wisata Baru

Dinas Pariwisata Genjot Eksplorasi Objek Wisata Baru

RBO, SELUMA - Masih banyaknya potensi objek wisata di Kabupaten Seluma yang belum tergali optimal, membuat Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) gencar melakukan pendataan dan survei objek wisata yang ada.

Dengan berkoordinasi dengan pemerintah desa, Disporapar mengajak pemerintah desa menonjolkan objek wisata yang ada. Pendataan itu tak hanya dilakukan untuk destinasi wisata yang baru, melainkan destinasi wisata yang sudah ada sejak lama namun selama ini belum tersentuh dan belum dibina dengan baik.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga  Seluma, Rijono, S.Pd, M.Si melalui Sekretaris Disparpora Seluma, Herman Suyadi, SE mengungkapkan destinasi wisata yang belum terdata dan terkelola dengan baik lantaran anggaran yang minim. Meskipun demikian, eksplorasi potensi objek wisata terus dilakukan di beberapa desa untuk dijadikan objek wisata baru di Kabupaten Seluma. Hal itu bahkan sudah tertuang didalam Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah (RIPPDA).

“Masih banyak yang belum tereksplorasi dan terkelola dengan baik. Saat ini tim masih terus melakukan eksplorasinya,”kata Herman Suyadi SE, kemarin.

Herman menambahkan, berbagai upaya telah dilakukan untuk menggenjot pengembangan obyek wisata di Kabupaten Seluma. Antara lain, mengembangkan objek wisata baru di beberapa desa yang berpotensi untuk dijadikan objek wisata. "Jika eksplorasi sudah dilakukan dan memiliki potensi wisata yang baru, selanjutnya akan dilakukan pembangunan infrastruktur pendukung. Selain pembangunan infrastruktur pendukung, tentu akan dilakukan promosi dan branding, agar supaya objek wisata yang baru tersebut bisa dikenal masyarakat luas," ujarnya.

Selain itu, pentingnya pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang terlibat dalam pengelolaan objek wisata juga akan disiapkan untuk memaksimalkan pengelolaan objek wisata. “Harapannya, kedepan bisa menambah PAD dari sektor pariwisata," sampainya.

Ketua DPRD Seluma, Nofi Eriyan Andesca, S.Sos  mendukung langkah yang dilakukan Disporapar Seluma. Pihaknya meminta agar dinas terkait dapat lebih maksimal dalam meningkatkan pariwisata di Kabupaten Seluma. Hal itu karena masih banyak objek wisata yang belum terkelola dan terjamah oleh masyarakat karena belum tereksplorasi. " Pemerintah desa juga diminta terus berinovasi menciptakan daya tarik bagi pengunjung dan menggali potensi wisata yang ada, selain promosi juga akan mendatangkan PAD," sampainya. (0ne)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: