Rutan Bengkulu Giat Simpatik Bersinar

Rutan Bengkulu Giat Simpatik Bersinar

RBO, BENGKULU - Rumah Tahanan Malabero Kelas II A Kota Bengkulu menemukan beberapa senjata tajam dan HP. Hal tersebut diketahui saat dilaksanakan razia Operasi Simpatik Bersih dari Narkoba (Bersinar) Senin (24/8) kemarin.

Disampaikan oleh Kepala Rutan Malabero Kota Bengkulu, Tutut Prasetyo didampingi Kepala Pengamanan Rutan Bengkulu Pebbri Iantoni senjata tajam tersebut dibuat oleh para warga binaan. Selain senjata tajam barang bukti yang ditemukan juga alat kabel listrik kemudian handphone yang sudah tidak aktif. Menariknya beberapa kabel tersebut dirancang oleh para warga binaan digunakan untuk mencharger handphone. Sedangkan ditemukan beberapa gunting "Ini merupakan kegiatan operasi simpatik bersih dari narkoba. Kita juga berkomitmen untuk mencegah adanya penyebaran narkoba yang berada di Rutan Bengkulu. Ya ada kabel yang digunakan untuk mengcharger handphone, memang kita temukan," ujarnya.

Tutut mengaku masih adanya ditemukan barang terlarang yang seyogyanya tidak boleh disimpan oleh warga binaan yang ada. Dalam penggeledahan tersebut dilakukan razia terdiri dari 3 blok diantaranya pertama blok mapenaling dan tindak pidana korupsi, kemudian narkotika dan blok pidana umum.

"Kita memberikan pengarahan agar barang terlarang ini tidak masuk lagi ke dalam kamar rutan. Sejauh ini ditemukan kabel, sajam dan palu bahkan ada handphone yang sudah non aktif. Untuk jumlah tahanan narkoba ada 10 kamar, tahanan umum sebanyak 10 kamar dan tahanan mapenaling sebanyak 5 kamar. Kapasitas saat ini ada 426 orang. Memang sudah over kapasitas dimana ada 1 kamar itu dihuni oleh 12 sampai 18 orang warga binaan," tambahnya.

Ditambahkan Tutut, selama ini operasi razia dilaksanakan setiap 1 minggu sekali.

"Kegiatan ini kita rutin dilaksanakan selama 1 minggu sekali. Makanya kita berharap agar warga binaan dengan upaya persuasif agar menyerahkan barang yang mereka simpan, kedepan dapat mengurangi adanya barang yang berbahaya tersebut," tandasnya. (Bro)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: