Pemdes Talang Buai Pertama Tanam 10.000 Bibit Nangka

Pemdes Talang Buai Pertama Tanam 10.000 Bibit Nangka

Selagan Raya Jadi Kampung Nangka

RBO >>> SELAGAN RAYA >>>  Di Kabupaten Mukommuko ada Kampung Nangka. Sebab, 12 Desa di Kecamatan Selagan raya saat ini kompak mencanangkan wilayah Kecamatan Selagan Raya menjadi Kampung Nangka. Penanaman 10.000 nangka yang diinisiasi oleh komunitas Selagan Raya Cerdas (SLC) itu, penanaman pertama kali dilakukan di Desa Talang Buai pada Minggu,(30/8).

Penanaman secara simbolis dilakukan langsung oleh Bupati Mukomuko, Chairul Huda, SH, Ketua TP PKK, Kabupaten Mukomuko, Kadis PMD, Mukomuko, Kadis PUPR Mukomuko yang diwakili Kabid Bina Marga, Camat Selagan Raya, Chairul Saleh, S.Km, MM, PJ Kades Talang Buai, Lukman beserta jajarannya, Ketua BPD Talang Buai beserta anggotanya, perwakilan dari tim puskesmas Selagan Raya, tokoh masyarakat, dan masyarakat Desa Talang Buai.

Dalam sambutannya, Pj Kades Talang Buai, Lukman, mengatakan, untuk menyukseskan penanaman tahap awal 10.000 bibit nangka ini dilakukan di Desa Talang Buai. Karena itu tentu ada kerjasama yang baik antara perangkat desa dan BPD dan tokoh masyarakat Talang Buai.

"Alhamdulillah. Bahu-membahu kegiatan- kegiatan penanaman tahap pertama 10.000 bibit nangka ini dilakukan di Talang Buai. Kita harap apa yang kita tanam saat ini sesuai dengan harapan kita kedepannya, Kecamatan Selagan Raya menjadi Kampung Nangka," sampainya.  

Sambungnya, sumber perekonomiannya masyarakat Desa Talang Buai mayoritas petani. Selain dari itu, ada potensi alam yang sangat bagus untuk diolah. Yaitu, sumber air yang keluar dari perut bumi. Dan tidak pernah kering. " Rencananya kedepan sumber daya air itu akan kami jadikan air kemasan. Kami mohon Pak Bupati agar bisa mempermudah usaha kami untuk menjadikan sumber air tersebut menjadikan air kemasan," harapnya.

Selanjutnya, Camat Selagan Raya, Chairul Saleh, S.Km, MM dalam sambutannya mengatakan, penanaman 10.000 bibit nangka ini diinisiator oleh komunitas Selagan Raya Cerdas (SLC). Kecamatan Selagan Raya ini terdiri dari 12 Desa. Masing-masing Desa sepakat dan kompak untuk penanaman 10.000 bibit nangka ini. "Untuk tahap awal kita lakukan penanaman secara simbolis di Desa Talang Buai. Kedepan pohon nangka ini, akan mengganti pohon yang ditumbangkan pada saat pembukaan Jalan Mukomuko-Kerinci. Jadi kegiatan ini secara tidak langsung untuk memuluskan pembukaan Jalan lintas Kabupaten Mukomuko-ke Kerinci Provinsi Jambi. Untuk bantuan bibit penanaman tahap pertama ini bersumber dari PT Sipef sebanyak lebih kurang 6000 batang, semuanya kita tanam di wilayah Desa Talang Buai," sampai Camat.

Sementara itu, Bupati Mukomuko, Chairul Huda, SH dalam sambutannya juga mengatakan, kegiatan penanaman 10.000 bibit nangka ini merupakan gerakan peduli lingkungan. Dimana saat ini banyak hutan yang dirambah, dan lain sebagainya. Oleh karenanya, 10.000 bibit nangka ini bisa menjadi penggantinya.

"Saya sangat mensuport kegiatan ini. Karena kegiatan ini ramah lingkungan, dan kedepan Selagan Raya bisa menjadi percontohan untuk wilayah kecamatan lainnya yang ada di Kabupaten Mukomuko," demikian Chairul Huda.(ide)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: