Pilkada Damai Tanggungjawab Bersama

Pilkada Damai Tanggungjawab Bersama

RBO >>>  MUKOMUKO >>>  Ketua Badan Musyawarah Adat (BMA) Kabupaten Mukomuko, H. Bismarifni, B.I., SH mengatakan, mewujudkan pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang damai bukan hanya tanggungjawab aparat keamanan dan penyelenggaran Pemilu saja. Semua lapisan masyarakat, khususnya tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda juga bertanggungjawab sebagai agen Pilkada damai di daerah ini.

Oleh karena itu, ia mengajak seluruh lapisan masyarakat, khususnya para tokoh-tokoh berperan aktif dalam upaya mewujudkan Pilkada di Mukomuko berjalan aman dan damai. Hal ini ia sampaikan pada saat acara ngobrol pemilihan (Ngopi) yang diselenggarakan KPU Mukomuko bersama Forum Pemuda Merah Putih (FPMP), Jumat malam (28/8).

Kunci terwujudnya Pilkada damai yaitu sambung Bismarifni, kendati berbeda jalan dalam berpolitik dan beda pilihan pada Pilkada mendatang, masyarakat harus mengedepankan persaudaraan, kerukunan, persatuan dan kesatuan.

"Perbedaan ras, suku dan agama, jangan sampai menjadi biang konflik. Justru perbedaan ini kita jadikan pemersatu. Tokoh-tokoh dari ras, suku dan agama punya peran penting disini. Kemudian, kita harus menghormati hasil Pilkada nanti, itu wujud dari demokrasi. Yang menang itulah Bupati kita," sampai Ketua BMA.

Ketua BMA Mukomuko juga meminta kepada Paslon, tim sukses dan para pendukung untuk bersaing secara sehat. Mengajak pemilih dengan mengkampanyekan program-program terbaik dari Paslon Cabup-Cawabup. "Jangan melakukan hal-hal yang bertentangan dengan hukum dan Perundang-Undangan yang berlaku," sebut Bismarifni.

Selanjutnya, Bismarifni meminta kepada penyelenggara Pilkada menjalankan tugasnya sebaik mungkin, serta mengedepankan keadilan bagi semua Paslon. "Tak kalah penting, penyelenggara Pilkada harus berlaku adil. Lakukan tugas masing-masing dengan baik, suapaya tidak ada celah sengketa. Sengketa bisa bermuara pada konflik. Ini harus kita hindari," ajak Ketua BMA.

Ditambahkannya, kesuksesan Pilkada ini juga dapat dilihat dari partisipasi masyarakat dalam memilih. Ia mengajak seluruh warga Kabupaten Mukomuko yang telah memiliki hak suara untuk datang ke TPS pada 9 Desember mendatang. "Gunakanlah hak suara pada Pilkada nanti. Kalau partisipasi masyarakat tinggi, mudah-mudahan kita mendapat pemimpin yang amanah dan mampu membawa Mukomuko lebih baik lagi," pungkasnya. (sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: