Semaku Antara Agusrin, Rohidin dan Helmi

Semaku Antara Agusrin, Rohidin dan Helmi

RBO, BENGKULU – Masyarakat Seluma Manna, Kaur (Semaku) patut berbangga. Sebab dua tokohnya yaitu Dr H. Rohidin Mersyah dan H.Agusrin M Najamuddin, ST mendapat dukungan Partai Politik (Parpol) untuk maju Pilkada Gubernur tahun 2020 ini. Keduanya menjadi calon Gubernur Bengkulu. Namun di lain sisi, suara Semaku terpaksa harus berbagai untuk Rohidin, Agusrin atau Helmi.

Ketua Umum (Ketum) Ika Semaku Provinsi Bengkulu, Drs H. Sumardi, MM, mengatakan ini suatu kebanggaan tersendiri bagi warga masyarakat Serawai.

“Ini merupakan hak konstitusional warga Semaku. Yang dalam artian memang sudah siap mental, financial juga spiritual dalam maju menjadi Bakal Calon Gubernur Bengkulu. Ini saya rasa menjadi suatu kebanggaan bagi masyarakat Semaku. Nanti, pada saatnya kemana masyarakat akan berlabuh? Itu akan mereka lihat hasil kinerja dari seorang yang akan bertarung dan akan ditetapkan sebagai calon oleh KPU,” kata Sumardi saat ditemui radarbengkuluonline.com, sedang berada di posko pemenangan Rohidin-Rosjhonsyah, sore Jumat (4/9).

Dijelaskan oleh Sumardi, nanti warga Semaku akan melihat sosok tokoh yang akan mereka dukung setelah hasil verifikasi kelengkapan syarat kedua tokoh itu dan mereka ditetapkan sebagai calon oleh penyelenggara pemilu.

“Artinya sekarang kan masih bakal calon. Nanti setelah ditetapkan lewat rapat pleno oleh KPU, baru setelah itu masyarakat akan menentukan dukungan. Kemana masyarakat Semaku nanti akan berlabuh? Kita tidak bisa memaksakan harus kesana atau kesini. Tapi kalau saya secara pribadi sebagai Ketua Fraksi Golkar Provinsi Bengkulu, tentu akan mengajak untuk mendukung calon yang diusung oleh Golkar bersama PDIP, PKS, PPP, PSI serta PKPI,” jelasnya.

Adapun untuk jumlah warga masyarakat Semaku sendiri di Provinsi Bengkulu yang dikatakan merupakan salah satu komunitas suku terbanyak di Bengkulu. Sumardi menerangkan, bahwa dukungan itu nanti tidak mungkin akan bulat pada satu tokoh saja. “Saya tidak mengatakan pecah, tapi tidak mungkin dukungan Semaku nanti akan bulat. Saat ini persentase jumlah warga masyarakat semaku di Provinsi Bengkulu berkisar 36 sampai 40 persen. Kita lihat saja nanti bagaimana kedepannya apakah memang keduanya memenuhi syarat. Sebab jika tunggal tokoh Semaku yang maju menjadi Cagub, maka bisa saja aklamasi dukungan kepada salah satu calon. Kalau dua gak mungkin bulat suaranya, tapi bagaimanapun dengan akan dilaksanakannya Pilkada yang merupakan pesta demokrasi di daerah kita. Kita doakan semuanya berjalan dengan baik dan lancar, damai dan kita mendapatkan pemimpin yang terbaik untuk Provinsi Bengkulu,” kata Sumardi.

Sebelumnya diketahui dua tokoh Semaku yang akan maju petahana Gubernur Dr H. Rohidin Mersyah dan didukung 23 kursi DPRD Provinsi dari Partai Golkar, PDIP, PKS serta PPP dan Demokrat. Sedangkan Mantan Gubernur Bengkulu Agusrin M Najamuddin diusung oleh lima belas kursi DPRD Provinsi milik Partai Gerindra, PKB. (idn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: