Pantai Batu Kumbang Belum Digarap Maksimal

Pantai Batu Kumbang Belum Digarap Maksimal

RBO >>>  IPUH >>>  Objek wisata Pantai Batu Kumbang di Kecamatan Ipuh belum dikelola maksimal. Padahal jika digarap dengan maksimal objek wisata tersebut tidak hanya menjadi sumber pemasukan kas desa untuk Pendapatan Asli Desa (PAD). Tetapi bisa menjadi wisata andalan masyarakat Kabupaten Mukomuko. Selama ini objek wisata tersebut hanya dikelola oleh persatuan Karang Taruna Desa Pulau Baru dengan ala kadarnya. Kepala Desa (Kades) Pulau Baru, Ishar saat dikonfirmasi mengatakan, saat ini pihaknya dari Pemerintah Desa (Pemdes) sudah memiliki rencana untuk memaksimalkan pengelola objek wisata Pantai Batu Kumbang tersebut. Selama ini Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) memang belum dilibatkan dalam pengelolaan objek wisata tersebut.

"Ke depan pengelolaan Pantai Batu Kumbang tersebut kita serahkan dengan Bumdes, Karang Taruna, dan Kelompok Penangkaran Penyu. Itu rencana kita kedepan," ungkap Ishar saat ditemui radarbengkuluonline.com di ruang kerjanya Selasa,(22/9).

Menurutnya, jika pengelolaan Pantai Batu Kumbang itu diserahkan kepada karang taruna saja, objek wisata tersebut tidak akan berkembang. Yang menjadi faktor utamanya, karang taruna tidak memiliki modal untuk mengelola dan menggali potensi untuk menarik pengunjung.

"Jika kita serahkan dengan BUMDes, setidaknya mereka punya anggaran walau pun tidak begitu banyak. Tetapi objek wisata itu bisa dikelola dengan maksimal," terangnya.

Ditambahkan Ishar, sebelumnya objek wisata Pantai Batu Kumbang tersebut pernah dilirik kementerian pusat. Bahkan sudah mendapatkan kucuran anggaran sekitar Rp 50 juta. Dimana dana tersebut digunakan untuk pembelian motor All-Terrain Vehicle (ATV). Namun kenyataanya hingga saat ini wisata Pantai Batu Kumbang masih dinilai belum dikelola dengan maksimal.

"Nanti kita rembukkan kembali untuk pengelolaan objek wisata tersebut. Rencananya nanti kita libatkan BUMDes dan kelompok penangkaran penyu,"demikian Ishar.(ide)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: