Pasca Banjir, Sembilan Desa Krisis Air Bersih

Pasca Banjir, Sembilan Desa Krisis Air Bersih

RBO, SELUMA - Pasca musibah banjir beberapa waktu lalu, masyarakat di 9 Desa di Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM) saat ini mulai kesulitan air bersih untuk memenuhi kebutuhan dapur dan MCK.Kesembilan Desa tersebut yakni Desa Serian Bandung, Talang Alai, Desa Talang Kemang, Jembat Akar, Desa Maras Tengah, Desa Gunung Kembang, Maras Bantan, Mandi Angin, Gunung Bantan dan Desa Muara Maras.Sejumlah warga mengaku kesulitan mendapatkan air bersih, sehingga banyak yang terpaksa meminta air ke warga yang sumurnya aman dari banjir dan mengkonsumsi air mineral.

" Air sumur keruh pasca terendam banjir, " sampai Dasrun Warga Desa Serian Bandung Kecamatan Semidang Alas Maras, Jumat (9/10). Agar sumur masyarakat setempat yang terdampak banjir kembali dapat dimanfaatkan, warga mengaku harus menguras terlebih dahulu sumur mereka, meski tanpa kaporit untuk menjernihkan sumur mereka kembali.

"Sementara ini sumur kami belum bisa dipakai, karena mau dikuras," ujar Sulihan warga lainnya.

Sementara itu, Kades Serian Bandung Arobin Budianto menegaskan hampir mayoritas warganya sebanyak 378 KK yang memiliki sumur, saat ini belum dapat digunakan atau dikonsumsi untuk kebutuhan rumah tangga. Pihaknya berharap instansi terkait dapat segera mengirimkan bantuan air bersih.

"Untuk saat ini sumur warga memang belum bisa digunakan, karena mayoritas sudah tercemar akibat terendam banjir, saya berharap instansi terkait dapat mengirimkan segera bantuan air bersih", ujar Arobin Budianto. (0ne)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: