Waspada Bencana, 10 Kab/Kota Bisa Hujan Lebat, Badai dan Petir

Waspada Bencana, 10 Kab/Kota Bisa Hujan Lebat, Badai dan Petir

RBO, BENGKULU – Waspada bencana alam! Dua hari kedepan 9-11 Oktober, dari pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Provinsi Bengkulu, berpotensi hujan dengan intensitas sedang-lebat untuk 10 kabupaten/kota di Bengkulu.

“Dari prakiraan cuaca kita peringatan dini cuaca tanggal 9, 10 sampai 11 Oktober. Potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang dengan durasi singkat bisa terjadi di 10 kabupaten/kota. Mulai Kaur sampai Mukomuko, Kota Bengkulu, Rejang Lebong, Lebong, Benteng, Seluma, Kepahiang, Bengkulu Selatan dan Bengkulu Utara,” ungkap Kepala BMKG Provinsi Bengkulu Klaus Damanik Apoh MT, Jumat (9/10).

Kemudian untuk potensi gelombang laut pun cukup tinggi. Dimana Gelombang Laut hingga mencapai 3 meter untuk perairan Bengkulu dan bisa mencapai 4 meter di perairan laut Samudera Hindia Barat Bengkulu, “Gelombang laut kita cukup tinggi apalagi di perairan Enggano. Hati-hati saat akan berangkat lewat jalur laut,” pesan Klaus.

Untuk itu, BMKG menyampaikan, waspada karena berpotensi banjir akibat hujan lebat ataupun hujan dengan durasi cukup lama. “Bagi daerah perbukitan yang rawan longsor sebaiknya waspada karena musim hujan saat ini bisa mengakibatkan terjadi longsor ataupun banjir,” singkat Klaus.

Sementara itu, dari BPBD Kota Bengkulu terdata ada warga RT 02 Jalan Sepakat Raya Kelurahan Sawah Lebar Baru yang rumahnya terkena longsor akibat curah hujan yang tinggi. (idn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: