4 Desa Kecamatan Ipuh Ikut Pilkades Serentak

4 Desa Kecamatan Ipuh Ikut Pilkades Serentak

RBO >>> IPUH >>>  Sebanyak 4 desa di Kecamatan Ipuh dijadwalkan ikut Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2021 mendatang. Yaitu, Desa Pulai Payung, Desa Sibak, Desa Semundam, dan Desa Medan Jaya. Untuk menjalankan roda pemerintahan desa selama ini, jabatan Kepala Desa (Kades) masing-masing desa tersebut dijabat oleh Penjabat Sementara (Pjs) Aparatur Sipil Negara (ASN) dari Kecamatan.

Camat Ipuh, Sepradanur, S.Sos saat dikonfirmasi mengatakan, sebenarnya Desa Air Buluh saat ini juga dijabat oleh Pjs. Namun, desa tersebut merupakan Pergantian Antar Waktu (PAW). Dan bukan termasuk dalam jadwal Pilkades serentak 2021 mendatang. Jadi, untuk pelaksanaan Pilkades di Desa Air buluh tergantung dengan kesepakatan masyarakat setempat. Kapan mereka mengusulkan untuk pelaksanaan Pilkades.

"Kalau desa yang dijadwalkan ikut Pilkades serentak di Kecamatan Ipuh ada empat desa. Kalau Desa Air Buluh tergantung kapan masyarakat setempat mengusulkan pelaksanaan Pilkades," imbuhnya kepada radarbengkuluonline.com kemarin.

Dijelaskannya, anggaran untuk pelaksanaan Pilkades serentak ini dianggarkan oleh panitia dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko. Semua perlengkapan, mulai dari pengadaan kotak suara, surat suara dan lain sebagaianya ditanggung Pemkab. Sementara anggaran yang dialokasikan oleh desa hanya untuk kegiatan pas hari pelaksanaan pemilihan atau hari pencoblosan.

"Dalam Musrenbangdes kemarin, masing-masing desa yang ikut Pilkades serentak ini, sudah mengalokasi anggaran untuk kegiatan dihari pencoblosan," demikian jelasnya.(ide)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: