Sumbar Juara Umum, Kalsel Tuan Rumah MTQ XXIX

Sumbar Juara Umum,  Kalsel Tuan Rumah MTQ XXIX

Sumbar Juara Umum MTQ XXVIII

RBO >>> BENGKULU >>>  Perhelatan  MTQ Tingkat Nasional ke XXVIII tahun 2020 akhirnya ditutup oleh Wakil Presiden (Wapres), K.H Makruf Amin  secara virtual kemarin malam. Acara penutupan yang berlangsung hampir tengah malam menghasilkan juara Umum baru, yaitu Sumatera Barat yang juga merupakan tuan rumah dari perhelatan tersebut.

Kakanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, Drs H. Zahdi Taher, M.HI melalui Kabid Penais Zawa, Drs. H.M. Sholeh, M.Pd menyampaikan bahwa dengan Keputusan Dewan Hakim Nomor 02/Kep.DH/MTQN-XXVIII/2020 memutuskan Sumatera Barat sebagai juara Umum. Kemudian  disusul Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Wapres dalam sambutannya menyampaikan bahwa pada ayat pertama Alquran mengandung arti bukan sekadar dibaca, akan tetapi untuk dipahami, dipelajari dan dilakukan penelitian akan apa yang terkandung didalamnya. MTQ merupakan salah satu momen bagi umat Islam untuk merefleksikan Alquran. Dengan membaca dan memahami sesuai dengan standar oleh para ulama, bacaan yang bagus, hafalan yang lancar sehingga dapat dipedomani sebagai petunjuk bagi orang yang bertaqwa.

Wapres menambahkan bahwa pemahaman Alquran dilakukan secara benar, dan dalam memahami Alquran perlu ilmu bantu seperti ilmu sosial, ilmu alam dan ilmu humaniora. Dengan MTQ mendorong generasi muda untuk meningkatkan kualitas baca, hafalan dan pemahamannya. Wapres berharap dengan adanya MTQ dapat dijadikan melahirkan generasi emas yang hatinya terikat dengan alquran dan juga menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta terus berinovasi untuk kemaslahatan umat dan bangsa.

Sedangkan  MTQ ke XXIX pada tahun 2022 mendatang diselenggarakan di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. (Ae-4)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: