Desa Air Teras Lebih Dikenal Sebagai Desa Cucur Pandan

Desa Air Teras Lebih Dikenal Sebagai Desa Cucur Pandan

RBO, SELUMA - Desa Air Teras, Kecamatan Talo saat ini dikenal sebagai salah satu pusat centra kuliner kue Cucur Pandan. Bahkan, nama kue cucur pandan mengalahkan nama desa, terutama bagi para pengendara yang melintas. "Masyarakat dari jauh, seperti kabupaten tetangga bahkan dari provinsi lebih mengenal Desa Air Teras dengan Desa Cucur," kata Leni (37) pedagang kue cucur di Desa Air Teras Kecamatan Talo, Minggu (22/11).

Menurut Leni, Produksi Cucur Air Teras memiliki cita rasa berbeda, dengan komposisi bahan dan adonan yang asli.

"Dengan tepung beras, tepung terigu serta adonan gula merah dengan perbandingan 1: 1," ujar Leni.

Senada diungkap pengrajin kue cucur lainnya, Eli Setia (35). Menurut Eli, saat ini keberadaan pedagang kue cucur lebih tertata setelah pemerintah desa dan pemerintah Provinsi melalui Dinas Perundustrian dan Perdagangan membantu dan mendukung usaha tersebut, salah satunya pembangunan auning. "Awalnya, di Desa Kami ini banyak orang jualan gorengan, terlebih setiap hari Jumat adalah hari pasaran. Namun lama kelamaan ada yang mencoba menjual kue cucur dan karena enak dan laris sehingga banyak yang ikut-ikutan" cerita Ely.

Pedagang Cucur berharap, adanya dukungan pemerintah daerah untuk memajukan usaha dan mempertahankan ciri khas kuliner, dan bantuan modal sehingga membangkitkan ekonomi masyarakat. (0ne)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: