Hasil Survei Fixpoll Pilgub Bengkulu, Agusrin-Imron Unggul

Hasil Survei Fixpoll Pilgub Bengkulu, Agusrin-Imron Unggul

Rohidin-Rosjonsyah dan Helmi-Muslihan Masih Berpeluang RBO >>> BENGKULU >>>  Lembaga survei Fixpoll merilis hasil survei cepatnya untuk pasangan calon Gubernur dan wakil Gubernur Bengkulu di Pilkada 9 Desember mendatang. Dalam survei tersebut, pasangan nomor urut 3 Agusrin-Imron berada diurutan teratas. Kemudian disusul Rohidin- Rosjonsyah dan pasangan Helmi-Muslihan.

"Satu pekan setelah debat pertama, kami melakukan survei cepat, yang berbeda dengan sebelumnya yang pada Juli lalu Fixpoll melakukan survei bagi seorangan dan saat ini telah berpasangan dan hasilnya menunjukkan Paslon nomor urut tiga, Agusrin-Imron lebih unggul elektabilitasnya dibanding Paslon nomor urut satu Helmi-Muslihan serta Paslon nomor urut dua Rohidin-Rosjonsyah," ungkap Direktur Eksekutif Fixpoll M. Anas RA saat rilis, Senin (23/11) siang.

Berdasarkan data yang didapatkan melalui simulasi kertas pencoblosan pasangaan nomor urut 1 Helmi-Muslihan pemilih sebanyak 16,4 persen, Rohidin-Rosjonsyah 30,7 persen dan Agusrin-Imron 42,9 persen. Sedangkan yang menolak simulasi pencoblosan 7,7 persen dan simulasi salah 2,3 persen.

Anas mengatakan, survei dilakukan selama 4 hari dilapangan dengan 1.640 responden yang diwawancarai 15 pertanyaan secara tatap muka. Survei yang dilakukan di seluruh kecamatan se-Provinsi Bengkulu dengan margin eror 2,5 persen.

“Meskipun Agusrin-Imron Paslon yang telat melaksanakan kampanye, namun secara electoral mereka ketika ditetapkan jadi Paslon mengalami kenaikan elektabilitas yang signifikan dibanding dua Paslon lainnya. Namun hal ini bukan berarti peluang Paslon nomor urut satu dan nomor urut dua tidak punya peluang. Dalam politik dukungan itu bersifat dinamis, dengan estimasi sisa waktu sekitar dua minggu kedepan. Masih ada waktu bagi dua Paslon lainnya untuk meraih dukungan pemilih. Tapi syaratnya harus ada kerja-kerja ekstra atau hal-hal luar biasa yang mereka lakukan untuk menyakinkan pemilih di Bengkulu jika ingin menang,” kata Anas.

Dilanjutkan Anas, untuk tingkat elektabilitas pasangan calon yakni, Helmi- Muslihan 16,4 persen, Rohidin-Rosjonsyah 31,2 persen dan Agusrin-Imron 43,1 persen. Sementara itu, kata Anas untuk strong voter pemilih yakni pasangan Helmi-Muslihan elektabiliasnya 16,4 persen dengan pemilih yang yakin 11,2 persen dan belum yakin 5,2 persen. Untuk pasangan Rohidin- Rosjonsyah dengan elektabilitas 31,2 persen, pemilih yakin 22,3 persen dan pemilih belum yakin 8,9 persen. Sedangkan untuk pasangan Agusrin-Imron dengan elektabilitas 43,1 persen, pemilih yakin 35,9 persen dan yang belum yakin 7,2 persen.

"Berdasarkan survei cepat tersebut pasangan Rohidin-Rosjonsyah mengalami kenaikan tingkat pemilih sebanyak 8,9 persen dan Agusrin-Imron 15,13 persen, tetapi pasangan Helmi-Muslihan mengalami penurunan dari survei pada Juli lalu. Kenapa Helmi-Muslihan mengalami penurunan elektabilitas? Hal itu karena mayoritas pemilih di Bengkulu masih dominan pemilih primordialisme atau pemilih yang memilih mengutamakan putra daerah," tutupnya. (idn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: