Basmi Hama Wereng, Distan Semprot 220 Ha Lahan Petani

Basmi Hama Wereng, Distan Semprot 220 Ha Lahan Petani

RBO, SELUMA - Setelah menerima informasi terkait ancaman hama wereng yang menyerang ratusan hektar tanaman padi petani. Yang berada di wilayah irigasi Seluma Kiri tepatnya berada di Desa Tanjungan, Kecamatan Seluma Selatan. Pihak Dinas Pertanian (Distan) langsung melakukan pemantauan ke lokasi dan melakukan upaya pembasmian hama wereng yang telah meresahkan para petani persawahan.

Pemberantasan hama wereng tersebut telah dilakukan oleh Distan Kabupaten Seluma, bersama dengan para kelompok tani pada Senin (23/11) pagi.

Pemberantasan hama wereng dilakukan dengan cara melakukan penyemprotan Insektisida secara massal dilokasi persawahan milik para petani yang terserang hama wereng. "Alhamdulullah, Pemberantasan hama terpadu telah dilakukan di Kelompok Tani Ratu Indah Desa Tanjungan. Sehubungan dengan keluhan para petani, terkait dengan adanya serangan hama wereng," kata Ketua Forum Petani, Supardi, warga Desa Tanjungan Kecamatan Seluma Selatan, Senin (23/11).

Dikatakan Supardi, setidaknya ada seluas kurang lebih 220 Hektar lahan persawahan para petani yang telah dilakukan penyemprotan Insektisida. Dalam pemberantasan hama wereng juga di ikuti sebanyak kurang lebih 6 kelompok tani yang berada di wilayah irigasi Seluma Kiri. Pemberantasan dilakukan di area persawahan seluas kurang lebih 60 hektar lahan persawahan.

"Untuk sasaran lebih kurang 60 hektar lahan. Dengan rincian 3 hektar puso, 7 hektar terserang dan 50 terancam akan serangan hama wereng. Muda-mudahan dengan usaha hari ini medapatkan hasil yang memuaskan," ujar Supardi.

Selain melakukan pemberantasan hama wereng, dalam kesempatan tersebut pihak Dinas Pertanian Kabupaten Seluma juga telah melakukan pembagian Insektisida kepada para petani. Setidaknya ada sebanyak kurang lebih 40 saset Insektisida berukuran setengah kilo telah dibagikan kepada para petani.(One)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: