Debat Kedua, AIR Dinilai Lebih Mampu Yakinkan Pemilih

Debat Kedua, AIR Dinilai Lebih Mampu Yakinkan Pemilih

RBO, BENGKULU – Ada yang menarik dari debat kedua yang difasilitasi oleh KPU Provinsi Bengkulu terhadap tiga kandidat Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu periode tahun 2020-2024. Menurut Direktur Eksekutif Fixpoll M. Anas RA. Dia melihat secara penyampaian visi dan misi kandidat Paslon, terlihat kalau Paslon nomor urut tiga Agusrin-Imron lebih mampu meyakinkan pemilih.

“Kalau dari dua kali pelaksanaan debat yang kita saksikan. Pasca debat pertama survey cepat yang kami lakukan menunjukkan trend peningkatan dukungan yang signifikan untuk Paslon nomor urut tiga Agusrin-Imron. Dan setelah debat kedua malam tadi, Agusrin-Imron masih konsisten pada saat menyampaikan visi misi dan programnya yang cukup pendek dan secara sederhana dimana apa yang mereka sampaikan itu mampu mendongkrak dukungan bagi paslon nomor urut tiga. Dimana pemilih sudah jenuh dengan janji-janji politik dan pemilih cenderung memilih calon pemimpin yang sudah terbukti berbuat serta telah dirasakan apa yang mereka lakukan saat menjabat dulu,” ungkap M Anas RA pada radarbengkuluonline.com, Selasa (24/11).

Dijelaskan oleh Anas, Debat public ini, sebenarnya salah satu metode kampanye yang efektif dan mampu meningkatkan dukungan jika Paslon bisa menyakinkan pemilih.

“Kita ini sudah empat kali pelaksanaan Pilkada Gubernur Bengkulu yang dipilih langsung oleh rakyat. Agusrin adalah pelaku dari Pilkada langsung pertama sampai saat ini, dan dia terlihat cukup bisa memahami apa yang menjadi harapan masyarakat Bengkulu terhadap pemimpinnya. Saat ini sudah terjadi perubahan metode untuk merebut simpati rakyat. Sudah tidak zamannya lagi Cakada menebar janji lewat visi misi yang begitu panjang dan menggiurkan rakyat. Pemilih sudah cerdas, mereka akan mendukung Cakada yang tidak sekedar janji, namun pemilih akan mendukung calon pemimpin yang betul-betul mumpuni,” jelasnya.

Namun sebelum pencoblosan tanggal 9 Desember nanti. Baik Paslon nomor urut satu Helmi-Muslihan serta Paslon nomor urut dua Rohidin-Rosjonsyah. Mereka masih punya peluang untuk meraih dukungan pemilih dengan sisa waktu yang ada.

“Masih ada debat public ketiga yang akan dilaksanakan nanti. Disana Paslon 01 dan Paslon 02 bisa kembali memaparkan program dan visi misinya guna meyakinkan pemilih. Kemudian Paslon 01 dan 02 juga harus kerja ekstra keras guna melampaui dukungan yang berdasarkan hasil survey kita kemarin Agusrin-Imron unggul elektabilitas secara electoral dibanding kedua Paslon tersebut,” pungkas Anas. (idn/**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: