Banyak Bocor, Setwan Usulkan Perbaikan Gedung DPRD Provinsi Bengkulu

Banyak Bocor, Setwan Usulkan Perbaikan Gedung DPRD Provinsi Bengkulu

RBO >>> BENGKULU >>>  Sekretariat DPRD Provinsi bakal mengusulkan perbaikan gedung DPRD Provinsi Bengkulu yang lantai dasarnya sempat digenangi air, lantaran banyak yang bocor pada lantai kedua. Ini ditegaskan Sekwan Provinsi, Drs. HM. Rizal, M.Si. Menurutnya, perbaikan harus segera dilakukan supaya tidak menganggu kinerja anggota DPRD sebagai wakil rakyat.

"Kita juga baru tahu saat hujan lebat kemarin (Senin, red) sore, dan ternyata kebocoran hampir terjadi di seluruh bagian gedung DPRD Provinsi Bengkulu ini. Sehingga kebocoran itu menyebabkan lantai dasar, yang merupakan ruang Alat Kelengkapan DPRD (AKD) sekaligus ruangan anggota DPRD, akhirnya digenangi air," ungkap Rizal, kepada RADAR BENGKULU Selasa (24/11).

Atas fakta itu, lanjut Rizal, harus segera diusulkan perbaikannya. Mengingat, ruangan-ruangan itu memiliki peran yang sangat penting ketika anggota DPRD menjalankan tugas dan fungsinya sebagai wakil rakyat. "Seperti untuk menerima tamu, rapat, dan lain sebagainya. Jadi, dengan adanya kebocoran itu sudah sewajarnya diperbaiki," kata Rizal. Ditambah lagi, sambung Rizal, bagian plafonnya di sejumlah ruangan itu, juga banyak yang mengalami kerusakan akibat kebocoran hingga air dapat mengalir. "Jika dibiarkan bisa berbahaya. Karena, plafon itu sewaktu-waktu dapat jatuh dan mengancam keselamatan orang yang berada dalam ruangan-ruangan tersebut."

Lebih jauh dikatakanya, untuk pengusulan perbaikan sendiri, pihaknya mengawali dengan menyurati Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis. Dalam hal ini tentu saja Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi, agar nantinya dapat segera meninjau, mengkaji, meneliti, bahkan menghitung kebutuhan anggaran untuk perbaikan yang dimaksud.

"Jika sudah diketahui berapa kebutuhan anggaran, barulah kita usulkan perbaikan gedung DPRD Provinsi ini. Termasuk juga penanganan longsor yang berada tepat di samping ruangan Ketua DPRD Provinsi ini. Target kita pada usulan kebutuhan anggaran bisa masuk dalam APBD 2021, sehingga tahun depan juga gedung wakil rakyat ini bisa diperbaiki," singkatnya. (idn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: