Guru Layak Dilindungi dan Disejahterakan Hidupnya

Guru Layak Dilindungi dan Disejahterakan Hidupnya

RBO >>>  BENGKULU >>>  Guru mempunyai peran penting dalam mencerdaskan kehidupan anak bangsa. Sebab itu, setiap guru berhak atas perlindungan dan kesejahteraan. Hal ini diungkapkan Senator Muda Indonesia, Hj Riri Damayanti John Latief, S.Psi, tepat pada peringatan Hari Guru Nasional 2020 yang jatuh pada hari ini, Rabu (25/11/2020).

"Tidak akan ada dunia pendidikan yang dapat berjalan tanpa guru. Baiknya kualitas anak bangsa tergantung pada kualitas guru-gurunya. Guru berperan bukan hanya memberi anak-anak pengetahuan. Tapi juga mendidik anak agar pengetahuan yang diperoleh bermanfaat untuk kebaikan bersama seluruh anggota masyarakat," ungkap Riri Damayanti kepada radarbengkuluonline.com tadi siang.

Riri menyoroti beberapa persoalan di Bumi Rafflesia yang perlu dibenahi agar guru bisa memperoleh perlindungan dan kesejahteraan yang memadai.

"Di tengah pandemi, masih banyak guru yang meragukan kesiapan sekolah untuk mengadakan pembelajaran secara tatap muka setelah diizinkan Mendikbud. Sebaiknya kebijakan ini, baik buruknya dikaji ulang. Kecuali, vaksin covid-19 telah ada dan bisa didapat dengan mudah. Ini dari sisi perlindungan yang perlu untuk guru," ujar Riri Damayanti.

Dari sisi kesejahteraan, Riri berharap bantuan subsidi upah untuk guru honorer dapat terus berlanjut hingga pandemi usai.

"Jumlahnya cukup banyak. Di bawah Kemenag Provinsi Bengkulu saja sudah ada 3 ribu lebih. Untuk sekolah negeri umum tentu lebih banyak lagi. Kesejahteraan guru honorer ini harus benar-benar dibantu. Ini mengingat sejak pandemi berlangsung kehidupan berat telah mereka alami sampai kini," terangnya.

Dewan Penasihat DPD Generasi Anti Narkotika Nasional (GANN) Provinsi Bengkulu ini juga berharap pemerintah di semua jenjang bisa menyempurnakan sarana dan prasarana penunjang pembelajaran jarak jauh selama pandemi covid-19 masih berlangsung.

"Guru butuh pulsa. Ini sudah direspon oleh Kemendikbud yang tahun depan memperbolehkan anggarannya dari dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah). Saya yakin nggak akan cukup. Karena, BOS juga dipakai untuk upah honorer dan lain-lain. Jadi, mudah-mudahan pemerintah daerah juga ikut berperan dengan maksimal," tutup Riri. Data terhimpun, Hari Guru Nasional telah diperingati sejak ditetapkan 25 November 1994 melalui Kepres Nomor 78 Tahun 1994 tentang Hari Guru Nasional sebagai bentuk penghormatan untuk para guru yang telah berjuang mencerdaskan anak bangsa.

Kemendikbud telah mengeluarkan pedoman dalam memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2020 pada Kamis 19 November 2020 dengan tema Bangkitkan Semangat Wujudkan Merdeka Belajar.

Dalam peringatan upacara bendera peringatan hari guru ini, siapapun diminta untuk tetap memperhatian protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19 sesuai sebagaimana yang ditetapkan pemerintah.(idn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: