SMKN 4 Kota Bengkulu Punya Online Shop

SMKN 4 Kota Bengkulu Punya Online Shop

RBO >>>  BENGKULU >>>  Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Kota Bengkulu, Dr. Paidi, M.TPd mengatakan, sebagai salah satu sekolah yang memiliki sertifikat Center Of Excellence (COE) dan Chief Executive Officer (CEO), pihaknya mendapat pelatihan dari Kemendikbud RI yang langsung dilatih oleh Universitas Indonesia (UI) selama 3 bulan kedepan.

"Ya, hari ini (Kamis-red), kami sedang melatih siswa dan guru untuk pelaksanaan model COE dan CEO. Nanti harapannya, kedepan sekolah akan memiliki media untuk penjualan online shop. Kami bekerjasama dengan PT Jago Multi Dimensi. In sya Allah, pertengahan Desember atau akhir Desember 2020 mendatang, online shop ini sudah bisa diresmikan pada masyarakat," ujar Paidi kepada radarbengkuluonline.com tadi siang.

Dijelaskannya, untuk siswa yang mengikuti pelatihan tersebut dibagi per-grup. Satu hari ada 10 orang siswa untuk jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Mereka ini yang akan menangani di sistem penjualan online shop tersebut. "Para siswa yang dilatih ini, bukan tidak mungkin punya online shop pribadi sendiri. Sebab, mereka sudah dilatih oleh PT Jago Multi Dimensi, dari cara memasukan produk, cara menjual dan lain-lain," jelasnya.

Rencananya di dalam online shop tersebut yang akan dijual nantinya, berupa produk Alat Tulis Kantor (ATK), elektronik, kebutuhan sekolah, barang yang bisa dibeli melalui dana BOS. Selain itu, pihaknya juga akjan menjual produk home industri masyarakat disekitaran SMKN 4.

"Setelah nanti online shopnya resmi diluncurkan, kami sudah berkoordinasi dengan pihak lurah setempat, untuk memberikan pelatihan kepada tim IT setiap kelurahan belajar bersama, mengembangkan sistem penjualan online shop, baik mendesain produk yang dijual, cara memasukan barang ke aplikasi dan masih banyak lagi," terangnya.

Sementara itu, Direktur PT Jago Multi Dimensi, Wawan Oktarino mengatakan, pembuatan online shop ini merupakan hasil kerjasama PT Jago Multi Dimensi sebagai Industri dan Dunia Kerja (IDUKA) dengan SMKN 4 Kota Bengkulu. Program ini, untuk membantu para siswa dan kerjasama dalam pembuatan produk dari SMKN 4. "Rencananya, akan membuat website toko online, yang nantinya membantu siswa dalam menjual produk dari SMKN 4. Seperti makanan, produksi dari SMK dan pengolah website ini juga dari SMK nantinya. Sebaga IDUKA kami menyiapkan sistem website untuk bisa dipergunakan guru dan siswa selama pelatihan berlangsung," ujar Wawan kepada RADAR BENGKULU kemarin.

Kenapa pihaknya tertarik bekerjasama dengan SMKN 4, menurutnya, SMKN 4 punya jurusan RPL yang berkaitan dengan PT Jago Multi Dimensi yang bergerak dibidang IT. Jadi, kerjasama dalam hal teknologi, dan juga memanfaatkan Sumber Daya Manusia (SDM) , lulusan SMKN 4 yang siap di didik dan dilatih, supaya usai tamat dari SMK bisa bekerja di PT Jago Multi Dimensi. "Jadi, kami memastikan lulus SMKN 4 siap kerja, untuk masuk dunia usaha. Kami menyiapkan kader-kader calon penerus tenaga ahli yang bisa berdayakan dan karyakan di PT Jago Multi Dimensi," tuturnya. (ach)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: