Desa Selubuk Gelar Pelatihan SIPADes

Desa Selubuk Gelar Pelatihan SIPADes

RBO, ARGA MAKMUR - Pemdes Selubuk, Kecamatan Air Napal menggelar pelatihan pelaksanaan pendataan SIPADes di balai desa. Acara yang dihadiri dibuka langsung Camat Air Napal Supandi, SH yang di dampingi Kasi PMD, Bobby Ertanto yang dihadiri Kades Nopi Afriansyah serta perangkat desa, pendamping desa dan BPD menghadirkan Narasumber Fahmiriza, S.IP dari Dinas PMD BU.

Camat Air Napal, Supandi SH membuka acara dan sekaligus menyampai mengenai definisi dari desa, perangkat desa, BPD serta tugas kewajiban dan hak sesuai dengan amanat Undang-Undang. Berdasarkan Undang-Undang No 39 Tahun 2004 Tentang Pemerintah Daerah, pasal 1 ayat 5 Pemerintah Otonomi Daerah adalah hak wewenang dan kewajiban daerah otonomi (Desa) untuk mengatur, mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat.

Narasumber dari Dinas PMD BU, Fahmiriza, S. Ip mengatakan dalam pelaksanaan pendataan SIPADes dan peningkatan kapasitas perangkat desa ini ialah keseriusan dalam mengikuti pelatihan agar peserta menjadi paham mengenai aturan dan administrasinya. “Ikutilah pelatihan ini dengan serius agar mendapatkan ilmu untuk mendukung kinerja kita,” kata dia.

Kades Selubuk, Nopi Afriansyah mengapresiasi adanya pelaksanaan pendataan SIPADes dan peningkatan kapasitas perangkat desa ini. “Adanya pelatihan ini untuk perangkat Desa Selubuk lebih baik lagi dalam menjalankan tugasnya masing-masing,” singkat dia. (bri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: