Presiden Lantik Gubernur, Wagub Bengkulu Tanggal 16 Februari 2021

Presiden Lantik Gubernur, Wagub Bengkulu  Tanggal 16 Februari 2021

Edwar Samsi : Anggaran Gubernur dan Wagub Baru Sudah Masuk APBD

RBO >>>  BENGKULU >>>  Meskipun belum secara resmi pleno oleh KPU Provinsi Bengkulu, namun dari hasil rekapitulasi perhitungan suara diseluruh TPS, Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur petahana nomor urut dua, Rohidin-Rosjonsyah dipastikan menang dengan meraih keunggulan suara cukup signifikan dibanding dua Paslon lainnya. Sebab itu, jika mengacu pada habisnya periode masa jabatan Gubernur serta wakil Gubernur Bengkulu tahun 2016-2021, maka pada tanggal 16 Februari 2021 Rohidin-Rosjonsyah akan dilantik oleh Presiden.

“Kalau berdasarkan periode masa jabatannya, tanggal 16 Februari 2021 habis jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur Rohidin-Dedy. Untuk itu, tidak mungkin ada kekosongan, maka tanggal 16 Februari tahun 2021 telah dijadwalkan pelantikan Rohidin-Rosjonsyah yang akan dilaksanakan di Istana Presiden,” ungkap Ketua Fraksi PDI Perjuangan Provinsi Bengkulu, Edwar Samsi S.Ip, MM saat ditemui radarbengkuluonline.com sedang di ruang Komisi III, Senin (14/12).

Sebelumnya, Ketua Fraksi PDIP yang juga anggota banggar DPRD Provinsi Bengkulu itu menyampaikan, sebelumnya dalam pembahasan APBD tahun 2021, mereka memang telah memasukkan anggaran untuk KDH/WKDH Gubernur serta Wakil Gubernur. “Sebab dari Pilkada Provinsi Bengkulu tahun 2020 ini, siapapun pemenangnya maka kami dari Banggar telah memasukkan anggaran untuk kebutuhan Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu yang baru nanti. Kalau berapa jumlah pastinya anggaran untuk keduanya, itu kemarin kami sudah minta pada TAPD memformulasikan ke masing-masing posnya. Nanti setelah evaluasi Mendagri turun untuk APBD tahun 2021, baru kita akan tahu berapa total jumlah anggaran untuk Gubernur dan Wakil Gubernur itu,” terang Edwar.

Sedangkan untuk pelantikan Gubernur serta Wakil Gubernur terpilih nanti, karena pelantikan biasanya dilaksanakan di istana negara oleh Presiden, maka Banggar tidak menganggarkan dana kegiatan pelantikan. “Karena pelantikan di istana negara, kita tidak anggarkan pelantikan. Dan untuk DPRD Provinsi, kita akan melaksanakan paripurna pengumuman hasil pemenangan Pilkada Provinsi untuk peraih suara terbanyak dan akan menjadi Gubernur serta Wakil Gubernur Bengkulu periode tahun 2021-2024,” kata Edwar.

Sebab itu, dengan terpilihnya Gubernur dan Wakil Gubernur yang baru nanti, Edwar berharap kepada kedua kandidat paslon lainnya yang belum terpilih untuk sama-sama mendukung program demi untuk kemajuan Bengkulu.

“Kita sepakat dengan Pak Rohidin yang akan merangkul dua Paslon yang belum beruntung di Pilkada Provinsi Bengkulu kali ini. Harapan kita pada Gubernur dan Wakil Gubernur yang baru, supaya melaksanakan visi misi yang dijanjikan selama ini. Dan khusus kepada pak Rohidin, saya kira tidak sulit bagi dia untuk mewujudkan program visi misi beliau selama ini. Karena, tinggal melanjutkan, meneruskan program pembangunan yang telah disusun sebelumnya. Dan hanya tinggal menambahkan program yang belum masuk selama ini,” pungkas Edwar. (idn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: