Ini Dua Usulan Prioritas Desa Banding Agung

Ini Dua Usulan Prioritas Desa Banding Agung

RBO, MANNA - Kepala Desa Banding Agung, Mikrun mengatakan pada saat Musrenbangdes untuk tahun 2022, masyarakat mengusulkan dua usulan skala prioritas yang diminta kepada Pemerintah baik itu Kabupaten dan Provinsi agar bisa diakomodir."Dua usulan yang menjadi skala prioritas kita adalah pembuatan bronjong sekaligus pagar untuk Tempat Pemakaman Umum(TPU) dan pengusulan kedua pembuatan jalan sentral produksi yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat," kata Mikrun di Kantor Selasa (19/01).

Saat ini karena lokasi TPU tersebut berdekatan dengan sungai maka hampir setiap tahunnya terjadi abrasi. Dengan luas TPU yang ada di Desa Banding Agung kurang lebih setengah Hektar persegi. Sehingga dibutuhkan bronjong yang dibuat dari dasar sungai dengan panjang minimal 200 meter dengan tinggi sekitar tiga meter.

Bahkan saat ini makam yang ada di TPU sudah pernah longsor akibat abrasi yang terjadi. Apalagi pada musim hujan masyarakat sekitar sudah merasa ketakutan apabila tiba - tiba debit air sungai itu meninggi bisa saja air sungai tersebut menghantam rumah masyarakat yang ada di sekitar TPU.

"Untuk jalan sentral produksi dari sungai air nipis yang dibutuhkan masyarakat kami, yang berada di daerah Pematang Bayi yang dominannya adalah persawahan untuk mengangkut hasil panen, Dimana  hampir setengah masyarakat Desa Banding Agung mempunyai sawah disana," ujarnya.

Jalan sentra produksi ini mempunyai luas persawahan sekitar 75  hektar. Semua masyarakat pasti melaluinya, Dengan terealisasinya jalan central ini nantinya akan mempermudah masyarakat untuk mengangkut hasil panen dan mengurangi biaya angkutnya.

"Semoga dengan MusrenbagDes ini apa yang menjadi Prioritas masyarakat bisa terealisasi, Sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan, bahkan bukan hanya kali ini saja diusulkan melainkan sudah berkali kali, dan besar harapan kami hal ini bisa terwujud," Pungkas Mikrun.(afa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: