Kepala Bappeda dan Kadis PMD, Hadiri Musrenbangcam Air Napal

Kepala Bappeda dan Kadis PMD, Hadiri Musrenbangcam Air Napal

RBO, ARGA MAKMUR - Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Air Napal 2022 diselenggarakan di Kantor Kecamatan Air Napal, Senin (25/01/2021). Musrenbang merupakan wadah sekaligus proses perencanaan pembangunan untuk menjaring aspirasi dan kebutuhan masyarakat sesuai potensi dan permasalahan yang dihadapi di wilayahnya.

Camat Air Napal, Supandi, SH menjelaskan pelaksanaan Musrenbang Kecamatan didahului dengan Musrenbangdes tingkat desa. Bahkan diawali dengan Musyawarah Dusun setiap tahunnya. "Musren ini jangan sampai hanya menjadi agenda rutin atau agenda yang hanya berhenti pada acara seremonial saja. Bappeda Kabupaten Bengkulu Utara selalu berinovasi bagaimana caranya agar masyarakat tidak jenuh dan tidak hanya merasa diiming-imingi oleh janji atau usulan yang itu akan terealisasikan atau tidak kita tidak tahu," kata Supandi.

Kepala Bappeda BU Ir. Suharto Handayani menyampaikan terimakasih kepada seluruh kepala desa se-Kecamatan Air Napal yang sudah melaksanakan Musyawarah Pembangunan Desa (Musrenbangdes) sehingga pada hari ini dapat mengikuti Musrenbangcam.

“Setelah para kepala desa melaksanakan Musrenbangdes dan menghasilkan beberapa usulan kemudian diteruskan di tingkat kecamatan dan akan diputuskan musyawarah di tingkat kabupaten,” ujarnya.

Suharto mengatakan, dari banyak usulan yang yang dihasilkan oleh masing-masing desa hanya beberapa usulan yang dibawa untuk Musrenbangcam, dan dalam Musrenbangcam nantinya hanya boleh mengusulkan sebanyak 1 usulan masing-masing desa dalam musyawarah tingkat kabupaten. “Dengan demikian  kita harus memprioritaskan pembangunan yang sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten untuk tahun 2022. Dan harus bisa mengambil keputusan yang bisa mewadahi kepentingan seluruh masyarakat Kecamatan Air Napal,” kata Kepala  Bappeda.

Ketua FKKD Kecamatan Air Napal, Fauzul Kabir,S.Ip juga menyampaikan harapannya kepada Bupati Bengkulu Utara Ir. Mian untuk dapat merealisasikan usulan-usulan dari masyarakat Kecamatan Air Napal ini, dan seperti disampaikan pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara untuk melirik ke Kecamatan Air Napal jangan hanya pembangunan di daerah tertentu saja” singkat dia. (bri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: