Pramuka IAIN Bengkulu Gelar Kemah Dakwah di Bengkulu Tengah

Pramuka IAIN Bengkulu Gelar Kemah Dakwah di Bengkulu Tengah

RBO >>> BENGKULU >>>  Gerakan Pramuka IAIN Bengkulu Gugus Depan 01.001-01.002 Rajolelo - Fatmawati menggelar perkemahan dakwah di Desa Batu Raja, Kecamatan Pondok Kubang, Kabupaten Bengkulu Tengah dari tanggal 12-14 Februari 2021. Jumlah peserta yang ikut sebanyak tiga puluh dua orang.

Panca Oktaberi M. Pd  sebagai Pembina, memaparkan bahwa kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Wakil Rektor 3 IAIN Bengkulu, Dr, H zulkarnaen M.Pd dan  dihadiri oleh tokoh masyarakat, perangkat desa serta perwakilan dari Polda Bengkulu. Tujuan  kegiatan ini, yaitu melakukan dakwah melalui pramuka. Semua ilmu dan hal positif dari seluruh anggota, akan diterapkan kepada masyarakat di Desa Batu Taja. Tidak hanya itu, mereka juga ikut serta dalam kegiatan masyarakat, baik itu gotong royong, pengajian, dan majelis taqlim.

" Untuk kegiatan kemarin itu langsung dibuka oleh Kamabihari dalam ke Pramukaan. Kalau di kampus itu sebagai Wakil Rektor 3 IAIN Bengkulu, " ujar Panca kepada radarbengkuluonline.com Sabtu (13/2).

Lanjutnya, kegiatan itu memang selalu dilaksanakan setiap tahun. Tahun lalu mereka berhasil melaksanakan tiga kali perkemahan dakwah di lokasi yang berbeda. Antusias dari masyarakat pun sangat baik. Karena ketika proses perkemahan, selalu dihiasi dengan bakti sosial, perlombaan khusus anak-anak. Seperti menghafal Al-quran, lomba adzan, dan melukis kaligrafi. Begitu pun sebaliknya, ketika ada kegiatan masyarakat, Panca serta anggota lainnya langsung  membaur layaknya seperti keluarga sendiri. Tak cuma sendirian,  Polda Bengkulu pun   ikut andil dan bekerja sama dalam hal ini.

" Untuk kegiatan sendiri, itu kami melakukan perlombaan anak-anak. Ada lomba adzan, kaligrafi, menghafal surat pendek," ujar Panca.

Pada masa era normal baru ini, paparnya,  pasti memiliki perbedaan pada saat pelakasanaan. Dahulunya perlombaan dilakukan dengan skala besar, namun kali ini berubah menjadi skala kecil, menjaga jarak kemudian mematuhi protokol kesehatan dari anjuran pemerintah. Panca berharap agar kegiatan positif ini terus terlaksana. Semua anggota mampu menumbuhkan jiwa agamis, sosial dari apa yang dipelajari ketika di kampus. Lalu, mampu menerapkannya di kehidupan nyata. Kemudian  terkhusus kepada Pramuka sendiri, nantinya mampu menjadi wadah bagi siswa ataupun mahasiswa berkarakter, sehingga mampu menjadi sesuatu yang bermanfaat dimasa depan nanti.

" Ya harapanya semoga kegiatan ini dapat terus terlaksana. Terutama mampu menerapkan ilmu-ilmu keagamaan yang didapatkan dari kampus. Kemudian untuk pramuka sendiri nantinya mampu menjadi wadah sebagai pencetak karakter yang baik untuk masa depan."  (Mg-5)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: