Dikbud Provinsi Bengkulu Matangkan Persiapan Asesmen Nasional

Dikbud Provinsi Bengkulu Matangkan Persiapan Asesmen Nasional

RBO >>>  BENGKUKU >>>  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi saat ini kembali mematangkan persiapan bagi siswa dalam menghadapi Asesmen Nasional pada bulan September 2021 mendatang. Selain itu, pihaknya juga sedang mendata ulang bagi siswa yang akan ikut Asesmen Nasional.

"Pendataan ulang ini dilakukan karena adanya perubahan data sebelumnya. Dari semula calon siswa/siswi yang saat ini duduk dibangku kelas XI, jadwal ujian dimundur sampai bulan September, jadi, siswa X yang naik ke XI akan mengikuti Asesmen Nasional tersebut," ujar Kabid Pembina SMA, Zahirman Aidi, M.Pd saat dihubungi radarbengkuluonline.com di ruang kerjanya Selasa (9/3).

Dijelaskannya, dibulan Juli 2021 merupakan kenaikan kelas bagi siswa ditahun ajaran 2020-2021. Setelah kenaikan kelas, maka siswa/siswi kelas X yang akan ikut ujian itu, karena Asesmen Nasional diperuntukkan bagi siswa kelas VIII jenjang SMP, dan XI jenjang SMA.

"Asesmen Nasional ini, juga dirancang untuk memantau dan mengevaluasi sistem pendidikan, serta memperbaiki sistem pendidikan dasar dan menengah. Pada pelaksanaannya, tidak semua siswa menjadi peserta. Melainkan jumlah peserta ditetapkan sebanyak 40 orang/sekolah, serta peserta diambil secara acak oleh pusat melalui Data Pokok Pendidikan (Dapodik)," terangnya.

Zahirman juga mengimbau, pelaksanaan Asesmen Nasional ini bukan untuk mengukur kompetensi suatu pendidikan. Apakah nantinya ada siswa nilainya kecil. Sebab Asesmen Nasional dilakukan untuk mengambil informasi terkait numerasi, literasi dan karakter.

"Intinya, tidak ada dampak apa-apa bagi pribadi pada siswa/siswi. Melainkan memberikan gambaran pemerataan pendidikan di daerah yang akan menjadi acuan dasar evaluasi," tutupnya. (ach)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: