Pasar Ipuh Kebut Penyusunan APBDes

Pasar Ipuh Kebut Penyusunan APBDes

RBO >>>  IPUH >>>  Pemerintah Desa (Pemdes) Pasar Ipuh, Kecamatan Ipuh saat ini masih fokus pada penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Tahun Anggaran (TA) 2021. Menurut Kepala Desa (Kades) Pasar Ipuh, Edi Harianto, penyusunan APBDes memang rada terlambat. Hal ini dikarenakan Peraturan Bupati (Perbup) petunjuk teknis penyusunan APBDes TA 2021 baru saja diterima Pemdes. "Saat ini Perbup sudah sampai dengan Desa. Jadi, sekarang kita sedang menyusun APBDes dengan mempedomani Perbup yang sudah kita terima," ucap Edi Harianto saat ditemui radarbengkuluonline.com tadi siang.

Selain itu, Pemdes juga harus mengikuti perubahan penggunaan Dana Desa (DD) sesuai dengan PMK terbaru. Yaitu, tentang penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan mengalokasikan DD sebesar 8 persen untuk penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). "Sesuai dengan aturan yang ada, masing-masing desa harus mengalokasikan DD sebesar 8 persen untuk penanganan Covid-19. Dan harus masuk dalam APBDes," imbuhnya.

Ditambahkannya, penyusunan APBDes Pasar Ipuh ditargetkan selesai dalam waktu dekat ini. Sehingga semua kegiatan yang sudah ditetapkan dalam Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) bisa mulai dikerjakan. Baik itu kegiatan fisik maupun kegiatan pelatihan pemberdayaan masyarakat.

"Kita sedang mengebut penyusunan APBDes. Harapan kita dalam waktu dekat ini APBDes rampung. Setelah semuanya selesai, selanjutnya langsung mengajukan pencairan tahap pertama tahun 2021," demikian.(ide)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: