Pemprov Optimis Bisa Raih Penghargaan APE Utama

Pemprov Optimis Bisa Raih Penghargaan APE Utama

RBO >>>  BENGKULU >>>  Pemberkasan pemberian penghargaan terhadap pencapaian kesejahteraan Gender, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di Daerah, OPD di jajaran Pemprov Bengkulu, hari ini Rabu (17/3) mulai mengikuti verifikasi lapangan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP-PA) RI. Acara ini dikoordinir Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3APPKB) Provinsi Bengkulu.

Sekda Provinsi Bengkulu Hamka Sabri mengatakan, terhadap penganugerahan ini pada tahun sebelumnya Pemprov Bengkulu telah meraih Anugerah Parahita Ekapraya (APE) kategori Madya dengan pengembangan Pengarusutamaan Gender (PUG) dan sebagai Kota Layak Anak.

Pada penilaian APE tahun 2020, diharapkan Pemprov Bengkulu meraih kategori Utama. Yaitu dengan peletakan dasar dan keberlanjutan atas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang lebih baik. "Dari data yang disampaikan oleh Dinas P3APPKB Provinsi Bengkulu, kita optimis mendapatkan penghargaan kategori Utama," jelas Sekda Hamka usai mengikuti Rapat Verifikasi Lapangan Pemberian Penghargaan APE Tahun 2020, di Ruang Vip Pola Pemprov Bengkulu.

Menurut Kadis P3APPKB Provinsi Bengkulu, Foritha Ramadhaniwati, terkait dengan APE tersebut, Pemprov Bengkulu telah banyak menyampaikan berkas terkait program pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak yang dilaksanakan sepanjang tahun 2020 kemarin.

"Kita telah menyampaikan berkas dan program secara terperinci kepada pihak panitia dan hari ini mulai dilakukan sesi verifikasi lapangan. Kami berharap tahun ini Pemprov Bengkulu mendapat APE minimal dengan kategori yang sama seperti tahun sebelumnya," ungkapnya.

Diketahui, Anugerah Parahita Ekapraya (APE) berarti suatu penghargaan terhadap prakarsa dan prestasi yang dicapai dan menunjukkan kondisi kesejahteraan orang lain dalam kaitannya dengan pencapaian kesejahteraan Gender, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di Daerah. APE juga sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran pada pimpinan kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi PUG, maka Kementerian Negara PP-PA RI menyampaikan penghargaan ini sejak tahun 2004 lalu. (Bro)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: