Bunga Rafflesia MM Mulai Merekah dan Kemerahan

Bunga Rafflesia MM Mulai Merekah dan Kemerahan

RBO >>>  MUKOMUKO >>>  Kabar terbaru mengenai Bunga Rafflesia yang banyak tumbuh di Kabupaten Mukomuko. Tepatnya di dekat perkebunan warga di wilayah Desa Air Berau, Kecamatan Pondok Suguh. Sebagaimana dikabarkan sebelumnya, bahwa sekitar dua pekan yang lalu, warga menemukan habitat Bunga Rafflesia di hutan dekat perkebunan warga di desa tersebut. Puluhan Puspa Langka itu tumbuh di hutan tersebut. Satu diantaranya mekar sempurna, dan puluhan lain masih dalam bentuk bonggol. Mirip dengan jenis sayuran kol atau kubis.

Kabar terbarunya, bunga Rafflesia yang ditemukan mekar beberapa waktu lalu itu, sudah layu dan mati sepekan yang lalu. Namun ada juga bonggol Rafflesia yang sudah mulai merekah dan mulai berwarna kemerahan. Hal ini dibenarkan Kartoni, pemilik lahan tempat tumbuhnya bunga kebanggaan Provinsi Bengkulu itu.

"Kalau bunga yang mekar pertama itu, sudah mati. Tapi informasi dari penjaga kebun saya, sudah ada yang mau mekar lagi. Belum mekar sempurna, tapi sudah mulai kebuka. Warna kelopaknya sudah mulai memerah. Tapi saya belum cek langsung. Rencananya kalau ada waktu saya mau lihat langsung," ujar Kartoni ketika dihubungi radarbengkuluonline.com, Minggu (4/4).

Kartoni berharap, pemerintah juga turut mengupayakan agar habitat Bunga Rafflesia di dekat kebunnya itu tetap lestari. Bahkan kalau memungkinkan bisa dijadikan objek atau tempat wisata. "Apalagi Bengkulu ini kan dikenal juga dengan sebutan Bumi Rafflesia. Ini ada Bunga Rafflesia yang tumbuh harus kita jaga. Supaya bisa berkelanjutan. Sebagai masyarakat, kami sudah berupaya menjaga. Akan lebih baik jika pemerintah ikut memberikan perhatian. Baik itu Pemerintah kabupaten atau provinsi," harap Kartoni. (sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: