Siswa Diminta Tidak Konvoi saat Kelulusan

Siswa Diminta Tidak Konvoi saat Kelulusan

RBO >>>  BENGKULU >>>  Sebanyak 4.222 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) negeri maupun swasta se-Provinsi Bengkulu, akan menerima hasil kelulusan kemarin (3/5). Bagi siswa yang masih nekat konvoi di jalan saat kelulusan, akan menjadi urusan pihak keamanan. "Alhamdulillah, untuk SMAN 4 Kota, sebanyak 286 siswa kelas XII semuanya lulus, memenuhi kriteria nilai, baik itu tugas sekolah, nilai praktik, ujian sekolah dan lain-lain. Namun, untuk hasil kelulusan, diumumkan melalui website sekolah," ujar Kepala SMAN 4 Kota, Basuki Dwiyanto, S.Pd kepada radarbengkuluonline.com, Senin (3/5).

Dijelaskannya, pihaknya sudah mengimbau kepada siswa untuk tetap di rumah saja. Jangan ada yang konvoi di jalan dengan baju di corat-coret seperti tradisi yang dilakukan siswa kelas XII, usai pengumuman hasil kelulusan. Jika ada siswa yang konvoi di jalan, maka akan menjadi tanggung jawab pihak keamanan. Sebab, sekolah sudah memberitahukan sejak awal. "Risikonya akan ditanggung oleh siswa itu sendiri nantinya," jelasnya.

Sementara itu, pengumuman hasil kelulusan di SMAN 5 Kota, seluruh siswa juga lulus 100 persen. Apalagi, yang menentukan kelulusan dari sekolah masing-masing. "Siswa tidak datang ke sekolah. Yang datang ke sekolah orangtua mengambil hasil anaknya. Sebab, sudah ada imbauan dari Dikbud Provinsi, untuk tidak menggelar konvoi di jalan, dan tetap patuhi protokol kesehatan," ujar Kepala SMAN 5 Kota Bengkulu, Bermansyah, M.Pd.

Disisi lain, Kabid Pembina SMA, Dikbud Provinsi, Zahirman Aidi, M.TPd mengatakan, pengumuman hasil sekolah memang ditangan kebijakan sekolah masing-masing. Namun, pihaknya tetap mengimbau sekolah harus kooperatif dalam memberikan nilai pada siswa. "Kami belum menerima rekapan dari seluruh sekolah. In sya Allah, semua siswa kelas XII se-Provinsi Bengkulu lulus 100 persen jika siswa mengikuti proses ujian sekolah," tutupnya. (ach)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: