Pemdes Pasar Ipuh Tingkatkan Jalan Usaha Tani

Pemdes Pasar Ipuh Tingkatkan Jalan Usaha Tani

RBO <<<  IPUH >>>  Pemerintah Desa (Pemdes) Pasar Ipuh, Kecamatan Ipuh, Kabupaten Mukomuko mulai merealisasikan kegiatan pembangunan fisik penggunaan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2021. Kemarin Kamis,(6/5) Pemdes Pasar Ipuh menggelar titik nol kegiatan peningkatan (pengaspalan) Jalan Usaha Tani (JUT) dengan volume panjang 900 meter dan lebar 4 meter. Dimana lokasi pembangunan dilaksanakan di wilayah dusun I dan di dusun II Desa Pasar Ipuh. Anggaran yang digelontorkan untuk kegiatan peningkatan JUT tersebut yakni sebesar Rp 150.291.000 bersumber dari DD tahap I tahun anggaran 2021.

Camat Ipuh, Sepradanur, S.Sos yang hadir langsung dalam kegiatan titik nol itu mengatakan, Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) yang sudah dibentuk diharapkan bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dan sesuai dengan Rencana Anggaran Belanja (RAB) yang sudah tertuang dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (RAPBDes). "Kita dari kecamatan tetap memberikan pembinaan. Sehingga penggunaan DD tahap I di Desa Pasar Ipuh bisa terealisasi dengan baik. Dan penggunaannya sesuai dengan kebutuhan masyarakat Pasar Ipuh," sampai Sepradanur kepada radarbengkuluonline.com tadi siang.

Ia menegaskan, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) harus memberi pengawasan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi BPD. Demikian juga dengan lembaga masyarakat lainnya. Jika pekerjaan TPK ada yang ditemukan kurang sesuai atau pun ada kritik untuk TPK, kritik dan saran tersebut harus disampaikan sesuai alurnya. Yaitu disampaikan dengan Kepala Desa (Kades). Sehingga Kades langsung memberi teguran kepada TPK yang melaksanakan pekerjaan. "BPD harus memberikan pengawasan sesuai dengan tugasnya. Namun bukan mencari kesalahan kinerja TPK dan Pemdes," tegasnya.

Sementara Kades Pasar Ipuh, Edi Haryanto menambahkan, peningkatan JUT yang dilaksanakan ini sesuai dengan permintaan masyarakat Pasar Ipuh. Dimana usulan pembangunan masyarakat disampaikan dalam Musyawarah Desa (Musdes) usulan sebelum penetapan RKPD TA 2021. Pihaknya dari Pemdes berharap pekerjaan yang direalisasikan tahun ini bisa dimanfaatkan semua masyarakat Desa Pasar Ipuh dan masyarakat Kecamatan Ipuh umumnya. "Selain dari penyaluran BLT-DD Penggunaan DD tahap I ini kita fokuskan ke peningkatan JUT. Sebelumnya JUT tersebut sudah di rabat, tahun ini dilanjutkan dengan pengaspalan," demikian Edi.(ide)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: