Bupati Sapuan Minta Tenaga Lab LH Segera Sertifikasi

Bupati Sapuan Minta Tenaga Lab LH Segera Sertifikasi

RBO >>> MUKOMUKO >>>  Bupati Mukomuko, H. Sapuan, SE., MM., Ak., CA., CPA bersama Wabup, Wasri Rabu (6/5) kemarin mengecek Laboratorium (Lab) milik Dinas Lingkungan Hidup (LH) Mukomuko.

Bupati cukup bangga karena Mukomuko memiliki Laboratorium dengan peralatan dan perlengkapan cukup memadai. Hanya saja Bupati menyayangkan, Lab tersebut belum termanfaatkan.

Pada saat pengecekan, Bupati langsung menekankan kepada Plt Kadis LH Mukomuko, Dr. Abdiyanto, SH., M.Si kedepan mengalokasikan anggaran untuk membiayai sertifikasi tenaga laboratorium. Ia juga menekankan kepada tenaga laboratorium untuk terus mendalami keilmuan yang dibutuhkan untuk mengoperasikan laboratorium itu dan kemudian mengambil sertifikat.

"Sekalipun sekarang kita punya tenaga yang mumpuni mengoperasikan lab ini, kalau belum ada sertifikat, hasilnya belum dapat diakui. Saya juga orang profesi (auditor). Makanya perdalam ilmunya terus ambil sertifikasi. Bisa kita manfaatkan lab ini," tambah Bupati.

Bupati tidak menginginkan ada pemubaziran uang negara. Mendirikan laboratorium dengan biaya yang tidak sedikit namun tidak terpakai. "Alat-alat ini, kalau gak dipakai bakal rusak. Kalau rusak karena dipakai masih mending. Makanya, apa yang ada di lab sekarang harus kita manfaatkan," tegas Sapuan.

Sapuan menjelaskan, Laboratorium ini juga bisa menjadi sumber pendapatan asli daerah (PAD). Akan tetapi, produk atau hasil dari lab ini bisa diakui dan dipertanggungjawabkan karena dihasilkan dari tenaga-tenaga yang bersertifikasi. "Maka kuncinya peningkatan mutu SDM (sumberdaya manusia). Kalau sudah diakui hasilnya, bukan daerah kita saja bisa memanfaatkan, daerah lain juga bisa memanfaatkan Lab kita. Otomatis ini akan menjadi sumber pendapatan daerah," demikian Sapuan. (sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: