Enam Balon Rebut Kursi Rektor IAIN Bengkulu

Enam Balon Rebut Kursi Rektor IAIN Bengkulu

RBO >>>  BENGKULU >>>  IAIN Bengkulu bakal berganti pemimpin. Rektor IAIN Bengkulu saat ini Prof. Dr. H. Sirajuddin, M.Ag, MH akan mengakhiri masa jabatan membangun dan membesarkan IAIN Bengkulu pada 28 Juli 2021. Enam orang kandidat bakal calon Rektor IAIN Bengkulu yang telah mendaftarkan diri, yakni Dr. Asnaini, MA, Dr. Zubaedi, M.Ag, M.Pd, Dr. Imam Mahdi, MH, Dr. Zulkarnain Dali, M.Pd, Riswanto, Ph.D, dan Prof. Dr. H. Rohimin, MA.

Saat ini IAIN Bengkulu telah melakukan proses penjaringan bakal calon Rektor IAIN Bengkulu. "Sampai dengan batas akhir waktu pendaftaran bakal calon Rektor IAIN Bengkulu, ada enam orang yang mendaftarkan diri. Tim panitia penjaringan hanya melakukan pembukaan penerimaan pendaftaran bakal calon, menerima berkas lalu verifikasi. Begitu juga senat IAIN Bengkulu. Tidak punya hak suara menentukan pilihan. Hanya memberikan pertimbangan kualitatif. Nama-nama bakal calon yang akan kita kirim ke pusat (Kemenag RI) nantinya akan diseleksi lagi oleh Tim Seleksi Nasional. Siapa yang terpilih nantinya setelah tahapan dipusat, lalu ditetapkan oleh Menteri Agama RI,"kata Ketua Panitia Penjaringan Bakal Calon Rektor IAIN Bengkulu, Dr. Hj. Khairiah, M.Pd kepada radarbengkuluonline.com tadi siang.

Disisi lain, setelah menerima pemberkasan, tahapan selanjutnya adalah tim penjaringan melaksanakan verifikasi berkas sampai dengan 22 Mei 2021. Lalu diumumkan pada 26 Mei. Kemudian 27 Mei dilakukan penyerahan hasil verifikasi kelengkapan berkas bakal calon Rektor kepada Rektor IAIN Bengkulu. Kemudian tanggal 2 Juni penyerahan berkas bakal calon Rektor oleh Rektor ke Senat dan tanggal 4 sampai dengan 15 Juni rapat senat pemberian pertimbangan kualitatif kepada bakal calon Rektor.

Setelah itu, lanjutnya, masih ada dua tahapan lagi. Yakni, pada tanggal 18 Juni penyerahan dokumen administrasi dan hasil pertimbangan kualitatif bakal calon oleh senat ke Rektor. Dan terakhir pada tanggal 25 Juni penyerahan dokumen bakal calon Rektor oleh Rektor ke Menteri Agama RI. (ae2)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: