Olahraga jadi Perhatian Pemda Mukomuko

Olahraga jadi Perhatian Pemda Mukomuko

Hendra Cipta Terpilih jadi Ketum KONI Mukomuko

RBO >>>  MUKOMUKO >>>  Bupati Mukomuko, H. Sapuan, SE., MM., Ak., CA., CPA menyatakan, bidang keolahragaan akan menjadi salah satu perhatian Pemerintah Kabupaten Mukomuko di bawah kepemimpinannya bersama Wakil Bupati, Wasri. Sebab, kata Sapuan, memajukan olahraga di Kabupaten Mukomuko, masuk dalam visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Mukomuko Sapuan-Sapuan Wasri.

Kendati demikian, niat Pemkab Mukomuko itu butuh dukungan dari pelaku olahraga itu sendiri. Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Mukomuko sebagai organisasi induk keolahragaan di daerah ini diharapkan berperan aktif membantu Pemkab Mukomuko memajukan sektor olahraga.

Menurut Sapuan, melalui olahraga bisa mengangkat nama baik dan marwah suatu daerah. Baik tingkat provinsi hingga tingkat nasional. Maka, Pemkab Mukomuko menargetkan, olahraga Kabupaten Mukomuko bisa dikenal hingga tingkat nasional.

"Itu target kita. Dalam 5 tahun kedepan, atlet atau olahraga kita bisa masuk di kancah nasional. Bahkan bisa menoreh prestasi. Otomatis, itu juga mengangkat derajat Kabupaten Mukomuko," ujar Sapuan usai membuka kegiatan Musyawarah Olahraga Kabupaten Luar Biasa (Musorkablub) KONI Mukomuko, Sabtu (29/5) di salah satu hotel di Kota Mukomuko.

Untuk itu, lanjutnya, "Saya berharap, pengurus KONI yang baru nanti, bisa menjadi motor utama dalam memajukan olahraga di kabupaten kita ini. Saya titip harapan itu dengan Pengurus KONI kedepan," sambung Bupati.

Soal dukungan Pemkab Mukomuko terhadap olahraga khususnya melalui organisasi KONI, jika keuangan daerah memungkinkan, dan tidak bertentangan dengan aturan yang berlaku, Bupati siap mensupport pendanaan KONI maupun keolahragaan secara umum. "Yang jelas, keolahragaan masuk dalam visi dan misi kita. Soal support pendanaan, tentu nanti akan kita sesuaikan dengan kemampuan daerah serta peraturan yang ada," demikian Bupati. Untuk diketahui, pada Sabtu (29/5) KONI Mukomuko melaksanakan Musorkablub guna memilih Ketua Umum yang baru. Karena Ketua Umum sebelumnya, Armin Kelana, SH mengundurkan diri.

Musorkablub KONI itu berjalan dengan lancar, aman dan demokratis, sebagai mana arahan dan harapan Bupati Mukomuko saat sambutan sebelum membuka acara secara resmi. Hasil Musorkablub menetapkan Hendra Cipta sebagai Ketua Umum KONI Mukomuko periode 2021-2025 melalui proses musyawarah. Sebelumny, Hendra Cipta menjabat Plt. Ketua Umum KONI Mukomuko, pasca Armin Kelana mundur.

Sempat muncul 2 Calon Ketum saat Musorkablub berlangsung. Yakni Hendra Cipta dan Ketua Askab PSSI Mukomuko, Weri Tri Kusuma, SH., MH. Tahap pertama dilakukan musyawarah mufakat antara kedua calon. Akhirnya, Weri yang notabennya lebih muda, menyerahkan tongkat komando pimpinan KONI Mukomuko kepada Hendra Cipta. "Saya diusung oleh 4 Cabang Olahraga (Cabor). Akhirnya saya ditetapkan sebagai calon Ketum. Saya memandang senior saya, Bang Hendra Cipta lebih layak memimpin KONI kedepan. Saya mohon maaf kepada Cabor yang sudah merekom saya. Saya juga siap membantu kepengurusan KONI kedepan. Secara khusus, saya mau fokus di Askab PSSI memajukan sepak bola Mukomuko," kata Weri ketika dikonfirmasi radarbengkuluonline.com kemarin.

Sementara itu, Ketum KONI Mukomuko terpilih, Hendra Cipta, mengucapkan terima kasih kepada semua anggota KONI, khususnya mantan rivalnya, Weri atas amanah yang diberikan. Ia juga menyatakan, siap mengemban amanah yang diberikan itu. "Terkhusus lagi saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Armin (mantan Ketum KONI Mukomuko) yang selama ini telah bekerja keras untuk KONI. Banyak perubahan dilakukan oleh Pak Armin. Mohon bimbingan dan arahan agar kami bisa membawa KONI lebih baik dan dapat memajukan olahraga di Kabupaten Mukomuko," sampainya.

Tambahnya, Musorkablub KONI Mukomuko ini dihadiri 19 wakil cabang olahraga dari total yang tergabung dalam KONI Mukomuko sebanyak 22 Cabor. Hendra Cipta sebagai Ketum terpilih juga sekaligus Ketua Formatur. Formatur ini akan membentuk susunan kepengurusan KONI Mukomuko periode 2021-2025 dan selanjutnya akan diserahkan ke Pengurus KONI Provinsi Bengkulu. "Secara lisan, hasil Musorkablub KONI ini sudah saya laporkan kepada Bupati. Saya mohon dukungan semua pihak dalam menjalankan tugas ini kedepan," pungkas Hendra. (sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: