MAN 2 Kota Bengkulu Terapkan Aplikasi Belajar Digital

MAN 2 Kota Bengkulu Terapkan Aplikasi Belajar Digital

RBO <<<  BENGKULU  <<<  Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Bengkulu mulai tanggal 24 April sampai dengan 3 Juni 2021 melaksanakan agenda kegiatan Penilaian Akhir Tahun (PAT) Tahun Pelajaran 2020/2021. Walaupun dilaksanakan dimasa tanggap darurat Covid-19, para siswa/siswi MAN 2 Kota Bengkulu tetap bersemangat untuk melaksanakan PAT.

Berbeda dengan pelaksanaan ujian semester ganjil lalu, dimana siswa diizinkan untuk mengikuti ujian di madrasah dengan tetap menerapkan prokes, PAT tahun ini dilaksanakan secara daring atau menggunakan aplikasi belajar digital. Platform yang digunakan adalah googleform yang bisa diakses oleh siswa lewat HP/PC/Laptop dari rumah. Dalam prosesnya, siswa mendapatkan link soal dari wali kelas masing-masing, dan wali kelas mendapatkan link dari panitia ujian.

Kepala MAN 2 Kota Bengkulu, Karmila, M.Pd mengungkapkan, bahwa MAN 2 Kota Bengkulu sudah terbiasa dengan pembelajaran, dan penilaian secara daring yang memerlukan koordinasi, pengaturan dan membutuhkan perangkat koneksi internet, di samping dukungan semua guru dan pegawai terkait serta partisipasi aktif dari siswa dan orang tua.

"Persentase keikutsertaan siswa mencapai 100 persen. Yakni 560 siswa terdiri 280 siswa kelas X (sepuluh) dan 280 siswa kelas XI (sebelas). Sedangkan bagi siswa yang tidak punya perangkat HP/PC/Laptop diberi kesempatan menggunakan laboratorium komputer, dan jumlahnya pun sangat sedikit. Hanya 0.9 persen," kata Karmila saat dihubungi radarbengkuluonline.com di ruang kerjanya kemarin.

Dijelaskannya, pelaksanaan PAT tidak memungkinkan untuk dilaksanakan secara langsung atau tatap muka. Hal ini dikarenakan terdapat peraturan dan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Meskipun demikian, PAT harus tetap dijalankan sebagai salah satu pertimbangan pada saat kenaikan kelas nantinya. "Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Semoga sampai dengan hari terakhir, tidak ada kendala dan semua siswa bisa mengikuti PAT dengan baik," tutupnya. (ach)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: