OPD Lebih Patuh Setelah Diingatkan Legislatif

OPD Lebih Patuh Setelah Diingatkan Legislatif

RBO >>>  MUKOMUKO <<<  Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mukomuko, M. Ali Saftaini, SE mengklaim ada peningkatan kepatuhan terhadap catatan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pada tahun 2020 atau penggunaan keuangan Pemkab Mukomuko pada tahun 2019. Menurutnya, kepatuhan dimaksud semisal pengembalian potensi kerugian negara yang menjadi temuan BPK, secara persentase, pengembaliannya meningkat dalam tempo setahun berjalan.

Meningkatnya kepatuhan terhadap rekomendasi dan catatan LHP BPK itu menurut Ali, setelah tahun 2020 lalu lembaga legislatif, DPRD Mukomuko turut mengawasi. DPRD sempat memanggil dan menyurati pihak eksekutif agar mengindahkan rekomendasi dan catatan BPK yang tertuang dalam LHP.

"Kita pantau ada peningkatan kepatuhan dari OPD-OPD atau Pemkab Mukomuko secara umum. Seperti pengembalian potensi kerugian negara secara persentase naik setelah kita masuk (mengawasi) awalnya tahun lalu," klaim Ali disampaikan kepada RBO tadi siang.

Oleh sebab itu, pada tahun 2021 ini, DPRD kembali akan mengulang kesuksesan yang pernah dilakukan. Dengan telah diterima LHP BPK Tahun 2021 atau hasil pemeriksaan atas penggunaan anggaran tahun 2020 lalu, DPRD telah memanggil eksekutif agar mengindahkan rekomendasi dan catatan BPK.

"Tidak lama setelah kita terima LHP, kita langsung panggil eksekutif. Dalam pertemuan itu kita kembali tekankan agar rekomendasi dan catatan itu diindahkan. Ada juga beberapa hal yang kita pertanyakan lebih dalam," sampainya.

Dijelaskan Ali, DPRD melakukan pemanggilan atau nanti melayangkan pada eksekutif bukan tanpa dasar. Apa yang dilakukan DPRD Mukomuko dua tahun terakhir itu dalam rangka menjalankan amanat Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggungjawab Keuangan Negara.

"Ada kewajiban legislatif untuk mengawasi hal-hal yang menjadi catatan BPK. Fungsi pengawasan tersebut yang selama ini jarang dilakukan. Nah, dua tahun ini kita jalankan kewajiban itu. Alhamdulillah tahun pertama kita laksanakan ada hasil positif. Mudah-mudahan seterusnya juga demikian. Ini demi perbaikan bersama," pungkas politisi Golkar ini. (sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: