56 Tenaga Medis Siap Layani Warga Selagan Raya

56 Tenaga Medis Siap Layani Warga  Selagan Raya

RBO >>>  SELAGAN RAYA >>>  Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Kecamatan Selagan Raya, M. Yakin, Amd.Kep  mengatakan siap untuk mengoperasionalkan  Puskesmas Rawap Inap Selagan Raya jika sudah ada instruksi dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko. Dalam hal ini Dinas Kesehatan (Dinkes).  Menurutnya, terkait dengan sarana dan prasarana maupun tenaga medis saat ini masih dikatakan minim. Namun, pihaknya siap memberdayakan secara maksimal peralatan dan tenaga yang ada untuk mengoperasikan gedung rawat inap yang dibangun tahun 2020 tersebut. "Kalau ada instruksi kita siap mengoperasikan gedung rawat inap itu," ucap M Yakin saat dihubungi radarbengkuluonline.com tadi siang.

Terkait dengan jumlah tenaga medis di UPTD Puskesmas Kecamatan Selagan Raya saat ini, lanjut M Yakin, yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) sebanyak 26 orang dengan rincian 9 orang bidan desa dan 17 orang bertugas di induk. Kemudian yang banyak adalah Tenaga Kerja Sukarela (TKS) sebanyak 30 orang dengan rincian 25 orang TKS murni dan 5 orang tenaga kontrak. Jadi total keseluruhan tenaga medis yang ada saat ini sebanyak 56 orang. Sebagai bentuk persiapan pihaknya dari Puskesmas Kecamatan Selagan Raya sejauh ini sudah melaksanakan studi banding ke Puskesmas yang bisa rawat inap. Yaitu Puskesmas SP 1 Penraik. "Yang belum ada saat ini dokter gigi. Kalau dokter umum sudah ada 2 orang," jelas M Yakin Senin (7/6) .

Kemudian terkait dengan sarana dan prasarana seperti lemari dan tempat tidur pasien sejauh ini belum bisa dikatakan lengkap. Tetapi ada dan bisa digunakan untuk mengoperasikan gedung yang baru tersebut. Masalah kelengkapan, baik itu sarana dan prasarana maupun tenaga medis tentu harus dilakukan secara bertahap. Saat ini yang bisa dikatakan cukup yaitu gedung. "Pada intinya dengan jumlah tenaga medis dan sarana prasarana yang ada saat ini, kita siap memberikan pelayanan secara prima kepada masyarakat Kecamatan Selagan Raya."

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mukomuko, Desriani, SH melalui Sekretaris, Bustam Bustomo, S.Km saat dihubungi mengatakan, pihaknya dari Dinkes menargetkan gedung yang sudah selesai dibangun tahun 2020 tersebut bisa dioperasikan pertengahan tahun ini. Sejauh ini pihaknya belum bisa memastikan apakah gedung tersebut diresmikan dengan acara serimonial besar-besaran atau tidak. Yang jelas gedung baru tersebut direncanakan segera digunakan. "Kalau dari kita pertengahan tahun ini gedung tersebut sudah mulai beroperasi. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini," demikian ucap Bustomo saat dihubungi melalui telepon seluler tadi siang.(ide)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: