Bupati Ungkap Alasan Audit Khusus Keuangan RSUD Mukomuko

Bupati Ungkap Alasan Audit Khusus Keuangan RSUD Mukomuko

RBO >>>  MUKOMUKO >>>  Bupati Mukomuko, H. Sapuan, SE., MM., Ak., CA., CPA beberapa hari lalu mendatangi Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Bengkulu. Tujuannya, audiensi permohonan audit khusus atau audit dengan tujuan tertentu penggunaan keuangan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mukomuko.

Ketika ditemui kemarin, Sapuan menjelaskan alasan melakukan audit dengan tujuan tertentu RSUD Mukomuko. Katanya, alasan pertama, audit dilakukan untuk mengetahui kepastian total utang RSUD Mukomuko sampai dengan 31 Desember 2020 lalu. Penting diketahui kepastian utang itu, jelas Sapuan, agar Pemkab Mukomuko memiliki acuan jelas sebagai bahan pengajuan dana ke legislatif.

Dikatakannya lagi, persoalan utang RSUD Mukomuko ini mesti cepat diselesaikan. Sebab, saat ini pihak rekanan yang menjadi penyuplai kebutuhan RSUD seperti obat, sudah mulai kurang percaya dengan rumah sakit kita. "Kalau kebutuhan kita tersendat, kekhawatirannya mengganggu pelayanan RSUD," ujarnya kepada radarbengkuluonline.com tadi siang.

"Makanya, secepatnya harus kita selesaikan. Kita butuh angka pasti utang RSUD itu sebagai bahan kita mengusulkan suntikan dana ke Dewan," jelasnya lebih lanjut.

Kemudian, lanjutnya lagi, tujuan dilakukannya audit khusus keuangan RSUD Mukomuko sebagai evaluasi dan bahan memperbaiki sistem arus keuangan di Badan Layanan Umum Daerah itu. "Hasil audit ini nanti sebagai evaluasi kita agar ada acuan untuk memperbaiki sistem di RSUD Mukomuko," paparnya.

 Auditor Segera Bekerja

Sapuan mengungkapkan, dalam waktu dekat ini, auditor dari BPKP segera turun untuk melakukan audit. Tim dari BPKP akan bekerjasama dengan pihak Inspektorat Mukomuko. "Ya, BPKP akan dibantu atau kerjasama dengan Inspektorat. Sekalian lah, transfer ilmu, tim Inspektorat kita bisa belajar," pungkasnya. (sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: