Update Data Pemilih Mukomuko Bertambah

Update Data Pemilih Mukomuko Bertambah

RBO >>> MUKOMUKO >>>  Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Mukomuko baru saja selesai dilaksanakan Desember 2020 lalu. Kala itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mukomuko menetapkan sebanyak 124.418 daftar pemilih tetap (DPT). Setelah 5 bulan usai Pilkada, atau per Mei 2021, angka daftar pemilih di Kabupaten Mukomuko menjadi 125.527 atau terdapat penambahan sebanyak 1.109 orang. Penambahan ini diketahui setelah pihak KPU Mukomuko terus melakukan update data pemilih setiap bulannya.

"Setiap bulan kami lakukan pemutakhiran data pemilih, terus di update," kata Ketua KPU Mukomuko, Irsyad didampingi Anggota Komisioner KPU Mukomuko, Misbahul Amri, saat dihubungi radarbengkuluonline.com tadi siang.

Saat ini, dikatakan Irsyad, daftar pemilih bersih di Mukomuko mencapai 125.527. Dengan rincian, pemilih laki-laki sebanyak 64.140 dan pemilih perempuan 61.387 orang. "Jumlah pemilih 125.527 itu sudah bersih setelah di kurangi dengan jumlah orang yang meninggal dunia, pindah domisili dan lainnya," bebernya.

Ditambahkan Misbahul, penambahan pemilih itu, mayoritas dari kalangan pemilih pemula atau pelajar usianya sudah di atas 17 tahun. Prediksinya jumlah pemilih ini akan terus bertambah.

Pihaknya pun, kata Misbahul, terus melakukan pemutakhiran data dengan langsung mendatangi sekolah, desa, kelurahan dan kecamatan masing -masing.

Menurutnya, pemutakhiran data pemilih ini penting, agar dalam pelaksanaan pemilihan umum KPU bisa menyajikan DPT yang akurat. Updating atau pemutakhiran ini juga bagian dari kewajiban KPU untuk memelihara dan menjaga data daftar pemilih yang sudah dimiliki KPU.

"Setiap bulan, kami terus melakukan rekap dan pembanding dengan data instansi lain. Itu agar data lebih akurat. Hal itu kewajiban KPU dalam upaya merawat dan menjaga data pemilih di daerah masing-masing," pungkasnya. (sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: