15 Desa di Air Besi Ikuti Pembekalan Pokja SDGs

15 Desa di Air Besi Ikuti Pembekalan Pokja SDGs

RBO >>> ARGA MAKMUR >>>  Kecamatan Air Besi mengadakan sosialisasi dan pembekalan Pokja SDGs tahun anggaran 2021 untuk 15 desa di Kecamatan Air Besi, Kabupaten Bengkulu Utara,Rabu 23 Juni 2021. Kegiatan ini direncanakan akan digelar selama 3 hari (Rabu, Kamis dan Jumat). Hari pertama, Rabu (23/06/2021) sosialisasi dan pembekalan pokja SDGs tahun anggaran 2021 ini diadakan di Balai Kecamatan Air Besi dihadiri oleh Tim Pokja relawan serta dihadiri juga oleh Camat Air Besi, Dairmansyah,S.Ip, seluruh kades di Kecamatan Air Besi, Kabid Pembangunan dan Perkembangan Ekonomi Desa Yos Sudarso,D,S.STP.MM, Kasi Kelembagaan dan Pengembangan Badan Usaha Milik Desa, Anggit Purbo Kintoko,SE, Nupita TA, pendamping desa, Kasi PMD Hermeliza SE, Kapolsek Air Besi, IPTU Aljum Fitri, SH,MT, Bakor Babinsa Ismail,dan yang lainnya.

Yos Sudarso,D,S.STP.MM menyampaikan pembahasan materi pembekalan & sosialisasi SDGs Desa adalah upaya terpadu mewujudkan Desa tanpa kemiskinan dan keterbatasan desa agar ekonomi tumbuh merata, juga Desa peduli kesehatan, desa peduli lingkungan, desa peduli pendidikan, desa ramah perempuan, desa berjejaring, dan desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan. Dalam bahasa kerennya Sustainable Development Goals disingkat SDGs. SDGs Desa merupakan roli pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2021.

“Merujuk dari Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 13 Tahun 2020 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021, setidaknya ada 18 tujuan dan sasaran pembangunan melalui SDGs Desa tersebut. Yaitu: Desa tanpa kemiskinan, Desa tanpa kelaparan, Desa sehat dan sejahtera, Pendidikan desa berkualitas, Desa berkesetaraan gender, Desa layak air bersih dan sanitasi, Desa yang berenergi bersih dan terbarukan, Pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi desa, inovasi dan infrastruktur desa, desa tanpa kesenjangan, kawasan pemukiman desa berkelanjutan, konsumsi dan produksi desa yang sadar lingkungan, pengendalian dan perubahan iklim oleh desa, ekosistem laut desa, ekosistem daratan desa, desa damai dan berkeadilan, kemitraan untuk pembangunan desa, kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaptif,” papar Yos.

Plt.Camat Air Besi, Dairmansyah menjelaskan, pelatihan-pokja-relawan- dalam pendataan-SDGs-desa Kecamatan Air Besi dihadiri seluruh kades di kecamatan Air Besi.

“Kami siap pakai di lapangan. Baik secara tekhnologi dan cara lainnya dalam pendataan agar benar akurat data demi kemajuan daerah desa di Kecamatan Air Besi jangka panjang ke depan ,” jelasnya. (bri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: