Kecamatan Air Besi Sukses Gelar Pelatihan SDGS Desa

Kecamatan Air Besi Sukses Gelar Pelatihan SDGS Desa

RBO >>>  ARGA MAKMUR >>>  Sebanyak 30 peserta se Kecamatan Air Besi, Kabupaten Bengkulu Utara mengikuti Sosialisasi Pendataan Sustainable Development Goals (SDGs) Desa tahun 2021. Sosialisasi SDG’s Desa dilaksanakan tiga hari sejak Rabu, 23 Juni 2021 sampai dengan Jumat, 25 Juni 2021 di aula Kecamatan Air Besi, Kabupaten Bengkulu Utara.

“Sosialisasi atau pelatihan dan penggandaan quisioner SDG’s Desa ini merupakan program pemerintah pusat dan program ini merupakan Pendataan Indek Desa Membangun (IDM). IDM 2021 juga berbasis SDG’s Desa,” kata Camat Air Besi, Dairmansyah,S.Ip, di sela-sela kegiatan penutupan.

Dairmansyah menyebutkan, pemutakhiran data berbasis SDG’s Desa adalah pemutakhiran data IDM yang lebih detil lagi, lebih mikro. Sehingga bisa memberikan informasi lebih banyak. Sebagai proses perbaikan, ada pendalaman data-data pada level RT, keluarga, dan warga.

“Pihak yang terlibat dalam proses pemutakhiran data SDG’s Desa adalah Kelompok Kerja Relawan Pendataan Desa, Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota, Pemerintah Daerah Provinsi, dan Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi dengan merujuk pada Permendes PDTT No 21/2020.

” Sementara itu, Kasi PMD, Hermeliza SE menyampaikan, Sosialisasi Pendataan Sustainable Development Goals (SDGs)merupakan program Pemerintah yang tertuang dalam Permendesa PDTT No 21/2020. Dimana setiap desa diwajibkan untuk pendataan secara menyeluruh di desa. “Pendataan secara menyeluruh ini dilakukan oleh setiap desa di Kecamatan Air Besi harus rampung dalam waktu dekat ini. Dalam kegiatan ini harus dilibatkan kepala Desa, Sekretaris, Operator, dan Kadus.”

Hermeliza berharap pihak yang terlibat dalam pendataan quisioner SDG’s Desa harus dilakukan secara profesional, agar data tersebut sesuai seperti yang ada di desa.

Dalam kegiatan penutupan pelatihan SDG’s Desa di Kecamatan Air Besi turut hadir Kabid Pembangunan dan Perkembangan Ekonomi Desa, Yos Sudarso,D,S.STP.MM,Kasi Kelembagaan dan Pengembangan Badan Usaha Milik Desa, Anggit Purbo Kintoko,SE, pemateri dari Tim Ahli Pendamping Desa Kabupaten Bengkulu Utara, pendamping desa dan pendamping lokal desa. ( bri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: