TNI AL, PT. PELINDO II TERTIBKAN BAGAN APUNG DI PULAU BAAI

TNI AL, PT. PELINDO II TERTIBKAN BAGAN APUNG DI  PULAU BAAI

RBO >>>  BENGKULU >>>  Pangkalan TNI Angkatan Laut ( Lanal) Bengkulu bekerjasama dengan PT. Pelindo II cabang Bengkulu melaksanakan penertiban bagan apung di seputar kolam Pelabuhan Pulau Baai, Jumat (23/07). Kolam Pelabuhan Pulau Baai sebagai wilayah dari PT. Pelindo II merupakan jalur atau tempat beroperasinya dan olah gerak kapal-kapal yang akan sandar di Pelabuhan. Namun Keberadaan bagan apung yang saat ini mulai menjamur membuat aktivitas kapal-kapal tersebut terganggu. Juga, untuk mencegah terjadinya laka laut yang kerap terjadi selama ini.

Danlanal Bengkulu, Letkol Laut (P) Yudi Ardian mengatakan, untuk tahap awal pihaknya melakukan pendataan sekaligus mengecek izin usaha, kelayakan bangunan bagan, peralatan tangkap yang digunakan juga kelengkapan lainnya.

Nelayan wajib memenuhi persyaratan sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 71 tahun 2016. Permen tersebut mengatur tentang jalur penangkapan ikan dan penempatan alat tangkap ikan.

"Kami melaksanakan penertiban bagan apung terutama yang merintangi alur pelayaran sebagai bentuk kepedulian kita terhadap keselamatan nelayan tersebut. Selain itu juga guna memberikan kenyamanan bagi pengguna jalur laut dan sekaligus mencegah terjadinya laka laut."  (BRO)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: